Ini Dia, Silsilah Asli Keturunan GKR Pembayun Menurut Anak Cucunya

Anak-Cucu GKR Pembayun memberi keterangan kepada awak media di Hotel Brother Inn, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Kamis (8/3).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Silsilah keturunan GKR Pembayun (Sekar Kedhaton Kustiyah) dipalsukan sejumlah orang untuk menguasai warisan. Berikut urut-urutan silsilah keluarga GKR Pembayun berdasarkan pengakuan anak cucunya.

Cucu GKR Pembayun, Mohammad Andre Tjakradiningrat mengungkapkan, GKR Pembayun merupakan putri Raja Keraton Surakarta, Paku Buwono X (Malikoel Koesno) dengan Permaisuri GKR Mas (Moersoedarinah). GKR Mas (Moersoedarinah) sendiri merupakan putri Raja Yogyakarta Sultan Hamengkubuwono VII).

Andre menjelaskan, GKR Pembanyun kemudia menikah dengan MR. R.A.A.A. H. Mohammad Sis TjakraningrT PADA 3 Desember 1945. Dari pernikahan tersebut, keduanya memiliki empat anak yang sah. Yakni, B.R.ay Koes Siti Marliyah; B.R.Ay. Koes Sistiyah Siti Mariana (Almh), B.R.M. Muhammad Munier Tjakraningrat; dan B.R.M. Mochammad Malikul Adil Tjakraningrat.

Baca Juga:

Waduh,,,Silsilah Keturunan Raja Surakarta dan Yogyakarta Dipalsukan untuk Rebut Warisan

Hati-Hati, Talud Utara Jembatan Bacem Ambrol Ancam Jalan Sukoharjo-Solo

Andre melanjutkan, silsilah keluarga tersebut telah dipalsukan untuk mengklaim atas sejumlah aset keluarga termasuk tanah seluas 1.293 hektare tanah di Kulonprogo yang akan dibangun bandara (New Yogyakarta Internasional Air Port), dan pabrik gula di Colomadu, Karanganyar. Sejumlah orang mengklaim mempunyai bukti sebagai keturunan dari GKR Pembayun yang sah.

Mereka mengantongi photocopy silsilah besar Kerajaan Mataram yang ditambah dua nama (Kusuwarsih dan R.M.A Sutono), Surat Nikah Waluyo (yang diklaim sebagai GKR Pembayun), Surat Kematian Waluyo (yang diklaim sebagai GKR Pembayun), hingga Surat Kekancingan dari Keraton Kasultanan Yokyakarta yang dipalsukan.

“Banyak kejanggalan dalam bukti yang dimiliki ahli waris abal-abal ini,” tandasnya di Hotel Brother Inn, Solo Baru, Grogol, Sukoharjo, Kamis (8/3).

Pemalsuan silsilah tersebut telah dilaporkan ke Bareskrim, Mabes Polri. Andre mengatkan, pihaknya sudah mempuyai bukti-bukti kuat untuk memproses ahli waris abal-abal tersebut. Salh satunya surat keterangan penetapan ahli waris dari Pengadilan Agama Sukoharjo, Kekancingan Silsilah dari Keraton Yogyakarta.

“Dengan Kekancingan Silsilah ini secara langsung sudah menegaskan bahwa Keraton Kasultanan Yogyakarta mengakui kami adalah keturunan yang sah dari GKR Mas (Moersoedarinah) ibu dari GKR Pembayun,” terangnya. (Sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.