Hadapi Arus Mudik Lebaran, Polres Dirikan Lima Pospam

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Arus mudik Lebaran sudah di depan mata. Sebagai antisipasi, Polres Sukoharjo akan mendirikan lima pos pengamanan (Pospam) di sejumlah titik strategis. Seperti tahun-tahun sebelumnya, tiga Pospam diantaranya akan didirikan di wilayah Kecamatan Kartasura. Wilayah Kartasura menjadi prioritas karena menjadi wilayah paling rawan karena menjadi titik simpul pertemuan arus lalu lintas.



“Dua Pospam lainnya akan didirikan di Sukoharjo Kota dan Kecamatan Grogol. Satu tempat alternatif cadangan yakni Kecamatan Mojolaban,” jelas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi, Minggu (3/6).

Lebih lanjut menurut Kapolres, jumlah Pospam yang didirikan untuk pengamanan arus mudik Lebaran tetap sebanyak lima titik seperti tahun sebelumnya. Namun lokasi penempatannya masih dalam pertimbangan apakah sama atau ada pergeseran. Dari lima Pospam yang rencananya akan didirikan, tiga yang berlokasi di Kartasura masing-masing di depan Transmart atau Goro Assalam Kartasura, Bundaran Tugu atau bekas terminal bus lama Kartasura dan sekitar pintu tol Ngasem Kartasura.

Kartasura sendiri dinilai menjadi wilayah rawan kemacetan arus lalu lintas saat mudik Lebaran sehingga mendapat prioritas. Khusus untuk pintu tol Ngasem, Kartasura menjadi perhatian penuh Polres Sukoharjo. Sebab, kontribusi penyebab kemacetan sangat besar. Kendaraan dari berbagai daerah juga akan keluar masuk terkonsentrasi disejumlah ruas jalan di Kartasura seperti Jalan A Yani dan Jalan Slamet Riyadi.

“Sebelum ada pintu tol saja Kartasura sudah rawan macet, apalagi saat ini sudah ada pintu tol Ngasem sehingga harus diantisipasi,” ujar Iwan.

Untuk dua Pospam Lebaran lainnya, akan didirikan di proliman Sukoharjo Kota dan satu lagi di Bundaran Patung Pandawa Solo Baru Grogol. Lokasi tersebut sama seperti pada pengamanan tahun sebelumnya. Dalam pengamanan Lebaran nanti, Polres juga melibatkan petugas dari instansi lainnya seperti jajaran TNI, Dinas Perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja, Dinas Kesehatan, Linmas, Ormas dan lainnya.

“Petugas gabungan akan disiagakan tidak hanya kosentrasi memperlancar arus lalu lintas kendaraan saja melainkan juga antisipasi tindak kejahatan,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Sukoharjo Djoko Indrianto mengatakan, wilayah Kartasura memang sangat rawan terjadi kemacetan saat arus mudik Lebaran. Untuk itu, wajar pengamanan penuh dilakukan mengingat banyak kendaraan dari berbagai daerah akan keluar masuk melalui Kartasura.

“Kartasura kami prediksi menjadi wilayah paling macet saat arus mudik Lebaran nanti. Faktornya karena kendaraan banyak yang masuk termasuk dampak dibukanya pintu tol Ngasem, Kartasura,” kata Djoko. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *