UMS Libatkan PDM Dalam KKN Mahasiswa di Sukoharjo

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menyerahkan kenang-kenangan pada Rektor UMS Sofyan Anif usai serah terima mahasiswa KKN, Rabu (24/1).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menerjunkan mahasiswanya untuk melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Sukoharjo. Serah terima mahasiswa KKN tersebut langsung dilakukan Rektor UMS Sofyan Anif pada Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab Sukoharjo, Rabu (24/1).



Dikatakan Rektor, KKN kali ini diikuti oleh 196 mahasiswa yang ditempatkan di Kabupaten Sukoharjo. Menurutnya, dalam program KKN ini, universitas akan menggandeng Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Sukoharjo khususnya cabang dan ranting. “Saya harap dengan kolaborasi mahasiswa bersama cabang dan ranting Muhammadiyah ini bisa memberdayakan masyarakat di tempat mahasiswa melakukan KKN,” ujarnya.

Rektor Anif juga mengatakan, sinergi antara mahasiswa dengan cabang dan ranting Muhammadiyah diharapkan mampu meningkatkan pembangunan di masing-masing desa. Untuk itu, Anif berharap mahasiawa UMS yang akan melakukan KKN di Sukoharjo mendapat bimbingan dari Pemkab Sukoharjo selaku tuan rumah.

Sedangkan Ketua PDM Sukoharjo Wiwoho Aji Santoso menyampaikan, nantinya cabang dan ranting yang ditempati mahasiswa diharapkan dapat bersinergi dengan mahasiswa. Wiwoho mengaku PDM mendapat pengalaman baru karena Rektor UMS Sofyan Anif melakukan terobosan baru dengan melihatkan cabang dan ranting Muhammadiyah dalam program KKN mahasiswa UMS.

“Saya berpesan, mahasiswa yang KKN membawa nama persyarikatan Muhammadiyah. Gerakan Islam dakwah “amar ma’ruf nahi munkar”. Selalu menjunjung “akhlakul karimah” dalam gerak dan langkah yang dilakukan selama KKN,” pesannya.

Wiwoho juga berpesan agar mahasiswa tidak memasuki daerah-daerah yang rawan konflik karena mahasiswa di lokasi KKN hanya sebentar. Selain itu, mahasiswa juga diharakan tidak sampai masuk ke wilayah politik karena tahun ini memsuki tahun politik.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya mengatakan, program KKN merupakan salah satu dari Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dikatakan Wardoyo, apa yang disampaikan Rektor UMS Sofyan Anif dalam rangka menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi itulah mahasiswa diterjunkan ke desa-desa membantu masyarakat.

“Apa yang terjadi hari ini sangat luar biasa karena mahasiswa diantar langsung oleh Pak Rektor. Jarang Pak Rektor hadir sendiri. Ini kali pertama dimana UMS melibatkan PDM dalam KKN sehingga saya harap harilnya lebih baik dibandingkan KKn tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.