Simak Ini 4 Bahaya Makan Sambil Berdiri

Kebiasaan yang rusak penampilan. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Kebiasaan makan sambil berdiri sering menjadi hal yang sulit untuk dihindari bagi sebagian orang. Terkadang, hal ini pun harus dilakukan karena terdapat beberapa hal yang membuat kita makan sambil bersiri, misalnya saat menghadiri acara dengan kursi yang terbatas atau bahkan ketika kita sedang terburu-buru.


Dilansir dari Beautynesia, Jum’at (26/5/2023), selain dianggap sebagai tingkah laku yang tidak sesuai dengan norma kesopanan yang ada di masyarakat umum, makan sambil berdiri bisa menimbulkan beberapa bahaya bagi tubuh

1. Gangguan sistem pencernaan
Bahaya makan sambil berdiri yang pertama adalah bisa menimbulkan gangguan pada sistem pencernaan. Hal ini dikarenakan kerja sistem pencernaan pada tubuh dipengaruhi oleh posisi tubuh saat makan.

Ketika makan dilakukan sambil berdiri, lambung pun bisa mengosongkan isi perut dengan cepat. Hal inilah yang membuat lambung tidak punya waktu untuk memecah zat-zat makanan sehingga nutrisi yang dicerna dan diserap oleh usus menjadi tidak maksimal.


2. Perut kembung
Masalah berikutnya yang akan timbul jika membiasakan makan sambil berdiri adalah makanan yang kita konsumsi tidak akan mengalami penyerapan yang baik oleh usus. Penyerapan tidak sempurna inilah yang membuat perut menjadi kembung dan menimbulkan rasa nyeri. Selain itu, perut juga akan terasa tidak nyaman dan membuat perut terlihat besar.

3. Makan berlebihan
Penyerapan zat-zat yang tidak sempurna ketika makan sambil berdiri dapat membuat perut terus merasa lapar.

Tidak mengherankan kalau saat makan sambil berdiri, seseorang akan terus makan bahkan secara berlebihan karena lambung mengalami pengosongan yang terjadi lebih cepat. Hal ini pun mengakibatkan lambung bisa menampung lebih banyak makanan dan membuat seseorang terus merasa lapar.


4. Tersedak
Tersedak menjadi bahaya lainnya ketika makan sambil berdiri. Hal ini bisa saja terjadi karena seseorang makan dan minum dalam keadaan berdiri sambil sedang tergesa-gesa. Meski kesannya tersedak terlihat sepele, hal ini bisa menjadi salah satu hal yang mengancam nyawa dan juga menimbulkan komplikasi, lho.

Dari keempat bahaya tersebut, ada baiknya mulai kini kita harus makan dengan teratur, seperti selalu makan dengan keadaan yang nyaman dan tidak tergesa-gesa dan usahakan untuk selalu duduk. Semoga bermanfaat.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *