Ragam  

Rumah Roboh Diterjang Angin Puting Peliung, Bupati Sukoharjo Datang Beri Bantuan

Diterjang angin puting beliung, rumah Darno di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban mendapat bantuan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Minggu (28/4/2024).

Sukoharjonews.com – Angin puting beliung melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Sukoharjo, Sabtu (27/4) petang. Akibatnya, puluhan rumah terdampak dan satu diantaranya roboh. Korban rumah roboh adalah Darno, warga Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban.


Terkait hal tersebut, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani menyempatkan diri meninjau korban rumah roboh di Desa Gadingan, Kecamatan Mojolaban Sukoharjo, Minggu (27/4/2024). Dalam kesempatan itu, Bupati menyalurkan bantuan uang tunai dan sembako.

“Saat ini kan cuacanya kan masih belum menentu. Untuk itu saya minta masyarakat untuk selalu waspada akan bencana alam seperti angin kencang, banjir, dan lainnya,” ujar Etik.

Menurutnya, dari data yang dia terima setidaknya ada sepuluh rumah warga yang terdampak bencana puting beliung dimana salah satunya rumah roboh. Menurutnya, dalam bencana tersebut sebagian besar menimbulkan pohon tumbang.

Terkait bantuan, Etik mengaku menyalurkan bantuan uang tunai Rp15 juta untuk rehab rumah yang roboh, sembako, dan juga perlengkapan rumah tangga.


Sebagai antisipasi adanya bencana angin kencang, Etik mengaku sudah meminta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan BPBD Sukoharjo untuk rutin melakukan pemaangkasan atau tindakan lain untuk pohon yang rawan tumbang, terutama yang berada di pinggir jalan.

“Saya berharap bantuan ini sedikit dapat meringankan beban masyarakat khususnya korban rumah roboh di Desa Gadingan ini,” ujarnya.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sukoharjo, Ariyanto Mulyatmojo menambahkan, bencana angin puting beliung melanda Kecamatan Grogol, Mojolaban, dan Tawangsari, Sabtu (27/4/2024) sore.

“Data yang masuk ada 10 rumah warga terdampak dimana satu diantaraya roboh di Desa Gadingan. Rumah korban bernama Darno ini roboh dan ditinjau Ibu Bupati,” ujarnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *