Bahaya Lari Menggunakan Jaket yang Wajib Anda Ketahui

Bahaya lari menggunakan jaket. (Foto: Wiggle guides)

Sukoharjonews.com – Lari adalah salah satu olahraga kardio yang hampir semua kalangan bisa lakukan. Bahkan, saat ini berlari sudah menjadi sebuah tren gaya hidup, memang karena untuk kepentingan kesehatan ataupun hanya karena mengikuti tren yang sedang booming, khususnya bagi kalangan anak muda. Salah satu gaya berpakaian untuk berlari yang biasanya anak muda lakukan adalah dengan menggunakan jaket.


Saat Anda menggunakan jaket saat berlari, proses penguapan keringat yang tubuh keluarkan menjadi terhambat. Padahal, proses penguapan keringat ini sangat penting saat seseorang melakukan aktivitas fisik ataupun olahraga, seperti berlari. Proses ini sekaligus membantu mendinginkan suhu badan Anda yang akan semakin memanas saat berolahraga.

Oleh sebab itu, apabila Anda pakai jaket saat lari justru hal ini akan memperparah kondisi tubuh. Terlebih ketika suhu tubuh tinggi dan berbarengan dengan cuaca lingkungan panas selama berolahraga, yang bahkan bisa berakibat fatal bagi kesehatan Anda. Dikutip dari VOI, pada Minggu (8/9/2023), berikut bahaya lari menggunakan jaket:

1. Dehidrasi
Dehidrasi adalah kondisi tubuh kekurangan cairan atau jumlah cairan yang keluar lebih banyak dari cairan yang masuk. Nah, lari pakai jaket bisa membuat Anda mengalami dehidrasi, sebab tubuh akan kehilangan cairan yang lebih banyak. Gejala paling umum ketika seseorang mengalami dehidrasi adalah pusing, kelelahan, merasa haus, serta mulut dan kulit kering.


2. Heat exhaustion
Heat exhaustion adalah kelelahan yang muncul setelah tubuh terkena suhu tinggi. Kondisi ini biasanya terjadi bersamaan dengan dehidrasi. Gejala heat exhaustion yakni kelelahan, pusing, lemas, tekanan darah rendah, bahkan sampai pingsan.

3. Kejang otot atau kram
Kondisi ini dapat terjadi karena tubuh kehilangan cairan dan elektrolit dalam jumlah yang besar akibat produksi keringat yang berlebih. Umumnya, seseorang akan mengalami kejang otot bila melakukan aktivitas fisik yang berat dan dalam kondisi cuaca yang panas.


4. Heat stroke
Heat stroke adalah sebuah kondisi dimana tubuh tidak dapat mengeluarkan keringat yang cukup untuk menurunkan suhu tubuhnya. Heat stoke dapat terjadi ketika tubuh terkena paparan panas dalam waktu yang lama. Bila tidak segera ditangani, heat stroke bisa menyebabkan kerusakan yang permanen, bahkan kematian.
Seseorang yang mengalami heat stroke umumnya akan merasakan beberapa gejala, seperti pandangan berkunang-kunang, wajah pucat, tangan dingin, hingga tak sadarkan diri.
Selain itu, darah juga akan ikut mengental ketika tubuh kekurangan cairan. Jika hal ini terjadi, aliran darah ke seluruh tubuh menjadi terganggu, termasuk ke jantung dan otak.

Itulah penjelasan mengenai bahaya menggunakan saat sedang berolahraga lari. Tetaplah berolahraga dengan aman!(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *