Apa yang terjadi? Ratusan Anak TK Dibawa Ke Kantor Polisi

Ratusan anak-anak TK berkunjung ke Mapolres Sukoharjo, Selasa (16/1).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sebanyak 236 anak Taman Kanak-Kanak (TK) dari TK Darul Falah Grogol, TK Tausand Land Grogol, dan TK RA AL Mabrur Bendosari berkunjung ke Markas Komando Kepolisian Resor Sukoharjo, Selasa (16/01). Anak-anak tersebut diajak mengenal lebih dekat sarana prasarana dan tugas-tugas seorang polisi.



Termasuk mengenal kendaraan dinas dan berbagai macam baju-baju dinas yang digunakan polisi saat bertugas. Kasat Binmas Polres Sukoharjo, AKP Tri Hartini mengatakan, kegiatan tersebut merupakan program Polisi Sahabat Anak. “Program Kepolisian Negara Republik Indonesia ini untuk mengenalkan tugas-tugas polisi kepada anak-anak usia dini,” ujarnya, Selasa (16/1).

AKP Tri Hartini menambahkan, Polisi Sahabat Anak juga untuk menghapus stigma miring bahwa polisi itu menakutkan. Mengingat, tidak jarang orangtua mengkambinghitamkan polisi untuk menakuti anak-anak agar mereka menurut. Selain itu, pengenalan profesi polisi juga diharapkan dapat menarik minat anak-anak untuk memilih polisi sebagai cita-cita.

“Selama ini jika anaknya nakal atau menangis, orangtuanya justru menakut-nakuti anak mereka akan memanggilkan polisi agar sang anak nurut atau tidak menangis lagi,” ujarnya.

Karena itu, anak-anak perlu mengenal polisi lebih dekat agar tidak mencap polisi menjadi sosok yang benar-benar menakutkan. Sementara itu, AKP Tri Hartini menjelaskan, pesan-pesan pembelajaran yang disampaikan kepada anak-anak itu menggunakan bahasa yang sederhana dengan metode belajar sambil bermain dan bernyanyi.

“Harapannya, anak-anak mudah paham dan bisa bercerita setelah melakukan kunjungan ke kantor polisi,” imbuhnya. (sofarudin)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.