Anggota Kodim Kaget Dusuruh Kencing Mendadak

Anggota Kodim 0726/Sukoharjo antre untuk melakukan tes urin, Senin (11/12). Tes tersebut dilakukan untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang terlibat narkoba.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Kodim 0726/Sukoharjo menggelar tes narkoba, Senin (11/12). Kegiatan tersebut dilakukan secara mendadak usai apel pagi. Sebanyak 100 anggota Kodim pun kaget ketika diminta untuk kencing mendadak. Sampel urin tersebut lantas dilakukan pemeriksaan apakah mengandung unsur narkoba atau tidak.

“Tes ini berkerjasama dengan Tim Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) Sukoharjo. Kegiatan ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya anggota yang terlibat narkoba,” ujar Pasi Intel Kodim/0726 Sukoharjo Kapten Inf M Aziz Yuli A.

Dikatakan Aziz, anggota yang melakukan tes dipilih secara acak sehingga tes tersebut benar-benar nyata. Dengan penunjukan secara acak, Kodim akan mengetahui kondisi riil anggotanya. Tes narkoba dengan pengambilan sempel urin sendiri dilakukan pukul 07.00 WIB hingga 08.30 WIB di Makodim 0726/Sukoharjo. Para anggota diminta menuangkan urinnya di sebuah wadah untuk selanjutnya dilakukan tes menggunakan alat khusus.

Dengan tes tersebut diharapkan anggota Kodim bisa tertib selama bertugas dan memberikan contoh yang baik pada masyarakat dengan menghindari narkoba. Disinggung soal hasil tes tersebut, dari 100 anggota yang di tes semuanya negatif narkoba.

Dengan hasil tersebut, anggota Kodim 0276/Sukoharjo benar-benar bersih dan tidak tersangkut dengan kasus narkoba. Hal itu menjadi nilai plus untuk para anggota. ”Untuk 100 orang yang di tes tersebut terdiri dari satu Pamen, tujuh Pama, 87 Bintara, tiga orang Tamtama, serta dua orang PNS Kodim,” ujarnya.

Sementara itu, Koordinator Penyuluh P4GN Sukoharjo Agus Widanarko mengatakan, pihaknya datang ke Makodim untuk menyaksikan tes urin yang dilakukan oleh anggota Kodim 0726/Sukoharjo. Menurutnya, apa yang dilakukan Kodim tersebut sangat positif sebagai upaya untuk mengantisipasi penggunaan narkoba pada anggota TNI.

Danar-sapaan akrab Agus Widanarko juga berharap sebagai wujud Kodim serius memerangi narkoba, Babinsa bisa belajar memberikan penyuluhan dengan tema tambahan hati–hati penyalahgunaan obat. ”Saya mengapresiasi, tadi hasilnya negatif semua dengan tes urine tiga indikato,” kata Danar (erlano putra).



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.