Warga Mitra Kamtibmas, Program Baru Kapolres

Petugas Bhabinkamtibmas tengah menempel stiker program “Warga Mitra Kamtibmas”. Program tersebut digagas oleh Kapolres untuk mendekatkan petugas pada warga.

Sukoharjonews.com – Polres Sukoharjo meluncurkan program “Warga Mitra Kamtibmas”. Program terseut ditandai dengan penempelen stiker di setiap rumah warga. Stiker tersebut ditempel oleh Bhabinkamtibmas dengan mendatangi rumah warga satu persatu.

“Program ini digagas oleh Kapolres dan sudah berjalan. Saat ini masih dalam tahap pemasangan stiker oleh Bhabinkamtibmas,” terang Wakapolres Sukoharjo Kompol M Ifan Hariyat, Selasa (3/10).

Dijelaskan oleh Wakapolres, stiker tersebut berisikan kolom nama Kepala Keluarga, Alamat dan nama Bhabinkamtibmas serta no telpon. Saat ini, proses penempelan stiker sendiri sudah mencapai 9,88%. Rencananya, penempelan stiker tersebut akan dilakukan di semua rumah warga sesuai jumlah KK yang ada.

Sesuai data, ujar Ifan, di Kabupaten Sukoharjo ada sekitar 284.500 KK di 12 kecamatan. Dari jumlah KK tersebut, petugas sudah menempel stiker sebanyak 27.935 buah. Program “Warga Mitra Kamtibmas” itu sendiri digagas oleh Kapolres selain untuk mendekatkan diri dengan masyarakat, juga berfungsi lain.

“Dari stiker itu bisa diketahui data warga yang tinggai di dalam rumah. Data tersebut bisa digunakan acuan untuk pendataan kesehatan, perekonomian hingga pengangguran,” paparnya.

Wakapolres juga mengatakan, data yang valid tersebut dapat digunakan untuk hal yang lain. Utamanya untuk instansi pemerintah atau pemerintah daerah yang mempunyai program dengan mengacu pada data warga. Di samping itu, penempelan stiker tersebut juga berfungsi untuk mempercepat laporan kejadian pada petugas. Sebab di dalam stiker itu tertera nomor ponsel dan nama petugas yang menempel.

“Dengan adanya nomor ponsel petugas, warga bisa dengan cepat melapor jika ada sesuatu yang perlu dilaporkan,” kata Ifan. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.