Tips Atasi Gugup Saat Interview Kerja

Atasi gugup saat interview. (Foto: voi)

Sukoharjonews.com – Setelah lulus kuliah, tentu kita pengin banget buat segera mendapatkan pekerjaan. Tidak mengherankan jika kita merasa bahagia ketika mendapatkan undangan interview kerja.


Dilansir dari Beautynesia, Selasa (31/5/2023), tidak jarang banyak orang yang mengeluhkan bahwa ketika interview kerja justru menjadi gugup yang akhirnya membuat proses rekrutmen jadi tidak bisa optimal atau tidak sesuai dengan harapan. Akan tetapi, jangan khawatir. Rasa gugup ketika menghadiri wawancara kerja adalah hal yang umum terjadi.

Hal ini karena ketika kita mengikuti interview kerja, kita memiliki harapan untuk berhasil dan langsung mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Selain itu, mungkin kamu juga merasa tidak nyaman apalagi ketika baru pertama mengikuti interview kerja.


Nah, untuk mengatasi gugup saat interview kerja, kamu bisa simak beberapa tips berikut ini.

Hindari Pemicu Perasaan Gugup
Pada hari dan jam menjelang interview kerja, sebaiknya kamu mengambil beberapa langkah pencegahan agar tidak timbul perasaan gugup. Kamu bisa mencoba menghindari minum minuman berkafein seperti kopi atau teh dan tidur yang cukup. Selain itu, sebelum hari-H wawancara kerja, kamu juga bisa mencoba rutin berolahraga.


Visualisasikan Kesuksesanmu
Memvisualisasikan kesuksesan ternyata lebih dari sekadar berpikir positif saja. Kamu bisa mencoba membayangkan dirimu sukses menghadapi wawancara kerja. Selain itu, kamu juga dapat memvisualisasikan diri mampu memberikan jawaban yang baik dan meraih kesan positif dari perekrut atau pewawancara.

Mempersiapkan Diri Dengan Baik
Sebelum kamu berangkat wawancara kerja, kamu harus mempelajari tentang perusahaan tersebut. Penting juga untuk menyiapkan jawaban soal posisi yang kamu lamar dan pengetahuan umum yang terkait dengan industri perusahaan. Tidak lupa, kamu juga perlu mempersiapkan jawaban ketika diminta untuk menjelaskan dirimu atau kelebihan dan kelemahanmu.


Latihan Pernapasan dan Relaksasi
Jika kamu masih merasa cemas atau gugup ketika akan wawancara kerja, kamu bisa mempraktikkan latihan pernapasan dan relaksasi. Teknik pernapasan dalam dan pernapasan perut dapat membantu sarafmu tenang sekaligus mengurangi kecemasan. Kamu bisa melakukan latihan relaksasi seperti yoga atau meditasi karena dapat mengatasi ketegangan.

Ajukan Pertanyaan
Jangan lupa untuk menyiapkan pertanyaan ketika menghadiri wawancara kerja. Dengan mengajukan pertanyaan pada saat wawancara kerja, perekrut dapat mengetahui bahwa kamu berminat dan antusias terhadap pekerjaan yang ditawarkan.


Tetap Percaya Diri
Ingatlah bahwa kamu mampu dan layak mendapatkan yang terbaik. Selain itu, kamu juga bisa mengingat prestasi dan kualitas yang kamu miliki saat ini membuatmu layak mendapatkan pekerjaan tersebut. Tetaplah percaya dengan dirimu sendiri dan yakin bahwa kamu memiliki kemampuan yang diperlukan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *