Tangkal Berita Hoax, Babinsa dan Babinkamtibmas Jadi Ujung Tombak

Prajurit dan ASN atau PNS di lingkungan Kodim 0726 Sukoharjo mengikuti Sosialisasi Menghadapi Serbuan Media Sosial, Senin (16/10).

Sukoharjonews.com – Dewasa ini banyak berita yang belum tentu benar alias hoax beredar media sosial (medsos). Tidak jarang masyarakat percaya begitu saja dengan berita-berita yang tidak jelas tersebut. Menyikapi peredaran berita hoax di medsos itu, Kodim 0716 Sukoharjo menggelar Sosialisasi Menghadapi Serbuan Media Sosial, Senin (16/10).

Sosialisasi yang digelar di Aula Kodim Sukoharjo itu diikuti ratusan prajurit dan ASN atau PNS di lingkungan Kodim 0726 Sukoharjo. Dalam materinya, Pasiops Kodim 0726 Sukoharjo, Kapten Inf Sunarto memaparkan bahwasanya medsos bisa mengubah wajah dunia.

Bahkan, bukan tidak mungkin ada upaya-upaya untuk menghancurkan institusi TNI melalui medsos. Termasuk berupaya mengadu domba TNI dengan Polri. “Karena itu Babinsa dan Babinkamtibmas (Polri) harus solid dan kompak karena menjadi garda depan dalam menjaga keutuhan NKRI,” katanya.

Dalam sambutannya, Palahar Dandim 0726 Sukoharjo, Mayor Inf Nurul Mutahar, mengatakan  prajurit TNI juga tidak luput dari serbuan informasi di medsos. “Sebagai prajurit Apkowil (Aparat Komando Kewilayahan) kita harus cerdas menyikapi berita yang beredar di media sosial. Selalu lakukan cek dan ricek dari berbagai sumber untuk mencari tahu mana berita yang  benar dan mana yang bohong,” paparnya.

Mayor Inf Nurul Mutahar juga berpesan untuk selalu bijak menyikapi berita-berita yang mengandung provokasi. “Berita-berita hoax baik yang sifatnya bisa umum dan religius atau sara harus bisa diantisipasi. Aparat kewilayahan harus turut berpartisipasi dalam menangkal berita-berita bohong,” imbuhnya. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.