Tanggap Darurat Dampak Banjir Padang, PT HKI Percepat Penanganan Jalan Terdampak

HKI mempercepat penanganan ruas jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040) yang terdampak bencana banjir pada Sabtu (11/05) lalu. (Foto: Dok PT Hutama Karya Infrastruktur)

Sukoharjonews.com (Padang) – Pemulihan jalan yang terdampak bencana banjir di Padang, Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) terud dilalukan oleh PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI)-anak usaha PT Hutama Karya (Persero). PT KHI mendapat amanah oleh Balai Pelaksanaan Jalan Nasional Sumatra Barat Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR untuk pemulihan jalan.


Dampak banjir pada Sabtu (11/5) tersebut melanda ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040). Ruas jalan tersebut mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan sepanjang 6 km tidak dapat dilalui akibat terdampak banjir.

“HKI diberikan amanah untuk membantu pemulihan pasca bencana di Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin, dimana terdapat sepuluh titik yang perlu segera ditangani,” ujar Project Manager Penanganan Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin (N.040), Eka Satriades, dikutip dari laman KabarBUMN, Selasa (28/5/2024).

Penanganan titik kerusakan dimulai dari bulan Mei 2024 dan ditargetkan rampung di akhir Juli 2024.


“Saat ini, HKI tengah mengerjakan penanganan di Km 64, dan berfokus di Km 64+100 dan 64+200. Dua titik ini menjadi perhatian utama dimana kondisi jalan putus total akibat banjir,” lanjutnya.

Pasca banjir menyebabkan kerusakan di Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin, HKI langsung melakukan mobilisasi alat-alat berat seperi excavator dan alat pendukung lainnya dari proyek HKI terdekat untuk membersihkan sisa material akibat terjangan banjir.

“Kini, HKI tengah melaksanakan sejumlah pekerjaan seperti normalisasi sungai dan menimbun badan jalan, agar jalan segera dapat digunakan fungsional oleh masyarakat setempat,” ujar Eka.


Mengingat lokasi titik penanganan yang sebagian besar terdampak banjir, maka akses pun menjadi tantangan dalam penyelesaian pekerjaan ini. Terdapat titik-titik tertentu yang masih sulit untuk dijangkau akibat terdampak banjir, ditambah lagi dengan kondisi cuaca yang masih sering hujan.

“Namun demikian, kami berkomitmen untuk memberikan upaya terbaik agar Ruas Jalan Bts. Kota Padang Panjang-Sicincin bisa segera kembali digunakan oleh masyarakat.

“Oleh karena itu, kami mohon doa restu dan dukungan dari berbagai pihak agar semua berjalan dengan lancar,” tambah Eka. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *