Tahanan Polres Sukoharjo Dicek Kesehatannya Secara Berkala

Tim Dokkes Polres Sukoharjo tengah melakukan pemeriksaan kesehatan para tahanan yang menghuni sel Mapolres.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Status tahanan polisi tidak menghapuskan hak akan kesehatan tahanan bersangkutan. Hal itu diperhatikan benar oleh Polres Sukoharjo yang melakukan pemeriksaan kesehatan para tahanan yang menghuni sel Mapolres. Pemeriksaan kesehatan dilakukan oleh Tim Kedokteran dan Kesehatan (Dokkes).



Paur Dokkes Polres Sukoharjo Iptu Retna mengatakan, pemeriksaan kesehatan dilakukan pada puluhan tahanan di Rutan Mapolres Sukoharjo. Menurutnya, pemeriksan kesehatan tahanan dilakukan secara berkala. “Pengecekan yang dilakukan meliputi cek tensi, pemeriksaan kepada tahanan yang mengalami luka tembak dan pemeriksaan kesehatan lainnya,” ujarnya, Sabtu (6/1).

Menurutnya, pemeriksaan kesehatan secara rutin dengan harapan jika ada tahanan yang mengalami ganguan kesehatan bisa langsung dilakukan tindakan medis dengan tepat. Hal senada juga disampaikan oleh Kasi Tahanan dan Barang Bukti (Tahti) Polres Sukoharjo Ipda Suharjo yang mengaku pemeriksaan kesehatan terus dilakukan secara berkala. Hal itu dilakukan untuk mengantisipasi adanya tahanan yang mengalami sakit dan tidak terdeteksi oleh kami.

“Kami berharap tidak ada tahanan yang sakit karena mengidap penyakit tertentu. Untuk itu secara rutin kami melakukan pemeriksaan kesehatan,” katanya.

Selain melakukan pemeriksaan kesehatan, Ipda Suharjo mengaku juga rutin melakukan pengecekan di ruang tahanan untuk memastikan jumlah tahanan dan memeriksa keberadaan benda tajam atau yang lainnya. “Saat ini di Rutan Polres Sukoharjo ada 27 orang tahanan, dari pemeriksaan kesehatan yang dilakukan semua dalam kondisi sehat. Hanya saja ada satu tahanan yang mengalami mimisan, namun sudah dilakukan penanganan oleh Tim Dokkes,” paparnya.

Suharjo menambahkan, tahanan yang ada di Polres Sukoharjo terdiri dari tahanan sejumlah kasus yang berhasil diungkap penyidik Polres. Seperti kasus pencurian dengan pemberatan (curat), kasus narkoba, dan lainnya. Dia berharap, kondisi kesehatan para tahanan tetap terjaga ketika menghuni sel tahanan Mapolres. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.