Subsidi Bunga Pinjaman Usaha Mikro Kecil Diluncurkan, Pemkab Alokasikan Rp6,4 Miliar

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani didampingi Wakil Bupati Agus Santosa dan Forkopimda secara simbolis menyerahkan subsidi bunga pada lembaga penyalur, Kamis (29/4/2021).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Program subsidi bunga pinjaman pelaku usaha mikro kecil resmi dimulai. Program tersebut diluncurkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani di Lantai 10 Gedung Terpadu Menara Wijaya, Kamis (29/4/2021). Untuk merealisasikan program tersebut, Pemkab mengalokasikan anggaran Rp6,420 miliar.



Bupati menyampaikan, adanya pandemi corona telah menghantam berbagai sektor perekonomian. Usaha Mikro Kecil menjadi salah satu subsektor yang terdampak dan harus mendapat perhatian serius, karena peran utamanya dalam menopang perekonomian daerah. “Pemerintah telah berupaya merespon cepat untuk penyelamatan sekaligus antisipasi dampak yang lebih besar. Salah satu sektor yang paling rentan terdampak adalah para pelaku Usaha mikro Kecil,” jelas Bupati.

Salah satu upaya menyelamatkan pelaku usaha mikro kecil serta dalam rangka pemulihan perekonomian daerah, Pemkab Sukoharjo telah membuat satu skema kebijakan dengan memberikan subsidi bunga bagi usaha mikro kecil. Program tersebut merupakan salah satu janji kampanye bupati dan direalisasikan.

Bupati melanjutkan, subsidi bunga sebesar 50% diberikan kepada warga Sukoharjo pelaku usaha mikro kecil dengan plafon pinjaman maksimal Rp15 juta di perbankan dan pegadaian. Pemkab mengalokasikan anggaran Rp6,4 miliar.

Adapun untuk pencairan subsidi bunga tahap pertama periode bulan Januari-Maret 2021 sebesar Rp 166 juta kepada 1.453 pelaku usaha mikro kecil. Subsidi disalurkan oleh Lembaga Keuangan Penyalur Kredit sebanyak 18 lembaga, terdiri dari dua BUMN, empat BUMD, dan 12 Badan Usaha Milik Swasta.

Sementara itu, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Surakarta, Eko Yunianto menyampaikan, Sukoharjo sendiri telah membentuk Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). TPKAD sendiri berfungsi untuk menumbuhkan sinergi yang positif antar pemangku kepentingan dengan seluruh stakeholder terkait, dalam rangka mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dan mencari terobosan dalam membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi
masyarakat di daerah.

“Semoga di tahun 2021 ini, semakin bertambah program inisiatif TPAKD Kabupaten Sukoharjo yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Kabupaten Sukoharjo dan tentunya mendukung visi dan misi Bupati dalam mengembangkan Kabupaten Sukoharjo,” ujarnya. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed