Simak Sederet Peraturan Unik di Dunia yang Wajib Dipatuhi Para Turis

Aturan unik diberbagai negara. ( Foto : Freepik)

Sukoharjonews.com – Perbedaan budaya dapat terjadi kapan saja, terutama jika kamu sedang berlibur di luar negeri. Namun, sesekali kamu akan mengalami perbedaan budaya yang bisa membuat kamu terkejut.


Dilansir dariReader’s Diggest, Selasa (2/5/2023), perbedaan budaya bisa saja merupakan peraturan sebuah negara yang dianggap unik oleh para turis. Mulai dari berpelukan di depan umum hingga menyalakan rokok di luar ruangan, berikut adalah 10 peraturan unik dunia yang sebaiknya dihindari oleh para turis.

Jepang – Dilarang Menggunakan Inhaler
Di Jepang, inhaler yang mengandung bahan pseudoephedrine telah dilarang berdasarkan undang-undang obat anti-stimulan Jepang yang ketat. Obat-obatan yang mengandung kodein juga dilarang dan tidak boleh dibawa ke Jepang.


San Francisco – Memberi Makan Merpati
Memberi makan merpati di jalan-jalan San Francisco merupakan tindakan ilegal. Kota yang terkenal dengan Golden Gate Bridge ini menyalahkan burung yang berkeliaran di mana-mana karena menyebarkan penyakit dan merusak properti.

Jika kamu ketahuan memberi makanan untuk merpati di San Francisco, kamu bisa mendapatkan denda yang besar. Masyarakat setempat bahkan didorong untuk melaporkan pengumpan merpati ke departemen kepolisian kota.


Phnom Penh – Dilarang Bermain dengan Pistol Air
Rupanya, masyarakat Phnom Penh sangat ketat dengan pistol air. Pada tahun 2001, Gubernur Chea Sophara melarang penjualan dan impor semua pistol air untuk mengurangi kecelakaan dan insiden orang jahat yang menggunakan mainan tersebut. Sophara khawatir penggunaannya dapat menyebabkan keresahan sosial dan mengganggu keamanan selama Tahun Baru Khmer saat itu.

Meksiko – Wajib Mematuhi Peraturan Bersepeda
Di Meksiko, pengemudi sembrono juga berlaku untuk siapa pun yang menggunakan sepeda dengan tidak bertanggung jawab. Siapa pun yang mengendarai sepeda tidak boleh mengangkat kaki dari pedal karena berpotensi kehilangan kendali. Peraturan unik ini dibuat untuk memperhatikan keselamatan pengendara motor.


Kanada – Dilarang Membayar dengan Banyak Uang Koin
Jika kamu berbelanja di Kanada, jangan berharap kasir akan menerima tumpukan koin yang kamu berikan untuk membayar. Menurut Canada’s Currency Act, toko dapat secara legal menolak koin dalam jumlah berlebihan. Pembayaran pelanggan dapat ditolak jika mereka mencoba menggunakan lebih dari 25 koin satu sen sekaligus.

Inggris – Memegang Ikan Salmon
Di Inggris, memegang ikan salmon secara mencurigakan dapat dihukum, lho! Peraturan unik ini berlaku sejak Parlemen Inggris mengesahkan UU Salmon Act tahun 1986. Dengan begitu, siapa pun yang menangani ikan salmon wajib memperlakukan ikan ini dengan cara-cara tertentu.


Pulau Fiji – Wajib Memakai Pakaian Lengkap saat di Pantai
Sudah bukan hal yang baru ketika kamu berlibur ke pantai, banyak sekali orang yang bertelanjang dada bagi pria dan memakai bikini bagi perempuan. Namun, hal ini tidak berlaku di Pulau Fiji.

Meski terkenal sebagai surga tropis yang indah di mana berjemur dan berenang adalah bagian dari kehidupan sehari-hari, kamu wajib memakai pakaian lengkap saat berada di pantai jika kamu tidak ingin dipenjara.

Kazakhstan – Dilarang Berfoto di Bandara
Hukum merokok sangat keras di Singapura. Menyalakan rokok di tempat umum akan dikenakan denda yang berat. Pengunyah permen karet juga tidak terkecuali dari peraturan yang ketat ini. Mengunyah permen karet saat menaiki sistem Mass Rapid Transit (MRT) Singapura adalah tindakan ilegal, dan seperti halnya merokok, pelanggaran ini dapat dihukum dengan denda.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *