Simak Makanan Ini untuk Bantu Kontrol Kadar Gula Darah

Makanan bantu kontrol gula darah. (Foto: Freepik)

Sukoharjonews.com – Diabetes merupakan salah satu penyakit yang sering dialami banyak orang pasca lebaran. Hal ini umumnya disebabkan karena faktor makan yang sulit terkendali. Mulai dari makanan manis, berbagai olahan daging, hingga kue yang mengandung mentega menjadi sederet makanan penyebab gula darah menjadi naik.


Dilansir dari Eating Well, Jum’at (28/4/2023), kadar gula darah hingga melampaui batas normal inilah yang memicu penyakit diabetes. Tentu saja hal ini perlu diwaspadai agar tak mengakibatkan kondisi berbahaya lainnya. Nah, salah satu caranya adalah dengan memperhatikan kembali makanan yang dikonsumsi.Berikut deretan makanan yang baik dikonsumsi untuk membantu mengontrol kadar gula darah

1.Kacang
Kacang memiliki kandungan serat, lemak, dan protein yang tinggi. Berkat hal itu, kacang dapat membantu menstabilkan gula darah. Hal ini selaras dengan sebuah ulasan yang mengungkap bahwa kacang bisa menurunkan kadar glukosa darah bagi penderita diabetes.

2. Kayu Manis
Bukan hanya menambah rasa pada makanan, kayu manis ternyata juga menyimpan manfaat luar biasa. Studi menemukan bahwa seseorang yang setiap harinya memasukkan 1-2 sendok teh kayu manis dalam makanannya memiliki kadar gula darah yang lebih rendah.


3.Ikan Berlemak
Ikan berlemak juga masuk dalam daftar makanan yang dapat membantu mengontrol gula darah. Hal ini tak terlepas dari kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada makanan tersebut.

Adapun yang termasuk ikan berlemak yakni salmon, tuna, hingga sarden. Tak hanya cegah diabetes, makanan ini juga dapat mengatasi penyakit kardiovaskular.

4. Bayam
Bayam mengandung sederet nutrisi penting seperti vitamin K, folat, hingga magnesium. Alhasil, sayuran yang satu ini bisa membantu tubuh menggunakan insulin untuk menyerap dan mengelola gula dalam darah agar lebih efisien. Hal inilah yang memungkinkan kadar gula darah menjadi lebih terkendali.


5. Brokoli
Tak hanya bayam, sayuran hijau lainnya seperti brokoli juga menjadi makanan terbaik bagi penderita diabetes. Hal ini karena brokoli mengandung sulforaphane, sebuah senyawa anti-inflamasi yang bisa mengontrol gula darah dan melindungi pembuluh darah.

6. Produk Susu
Produk susu seperti keju dan yogurt merupakan sumber protein yang baik dikonsumsi untuk mencegah diabetes. Sebab, makanan ini dapat membantu menstabilkan gula darah. Para peneliti di Harvard dan Tufts pun menemukan kaitan erat antara konsumsi produk susu dengan berkurangnya risiko terhadap penyakit diabetes.

7. Oatmeal
Oatmeal merupakan makanan yang mengandung biji-bijian seperti gandum. Kandungan serat pada makanan ini dapat meminimalkan lonjakan gula darah dan membantu meningkatkan sensitivitas insulin. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *