Seri Google Pixel 9 Mendapatkan Komunikasi Satelit dengan Modem Samsung

Google Pixel 9. (Foto: 91 Ponsel via Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Seri Pixel 9 Google yang akan datang, yang diharapkan dirilis akhir tahun ini, mungkin memperkenalkan fitur yang belum pernah ada di ponsel Pixel sebelumnya: komunikasi satelit.


Dikutip dari Gizmochina, Kamis (18/4/2024), menurut Otoritas Android, mengutip orang dalam Google, Pixel 9 akan menggunakan Samsung Modem 5400 baru, memungkinkannya terhubung ke satelit melalui jaringan non-terestrial (NTN) 5G. Hal ini berarti kemampuan untuk mengirim pesan darurat di lokasi terpencil di mana layanan seluler tidak tersedia.

Layanan ini dilaporkan awalnya ditawarkan oleh T-Mobile, memanfaatkan jaringan “langsung ke seluler” Starlink SpaceX. Awalnya, pengguna akan dapat mengirim pesan teks tetapi tidak dapat melakukan panggilan.

SpaceX baru-baru ini memperoleh persetujuan FCC untuk memperluas pengujian Starlink selulernya di seluruh AS, termasuk uji coba di seluruh negara bagian di beberapa negara bagian dan persiapan untuk pengujian global.


Sebelumnya pada bulan Maret, SpaceX berhasil menyelesaikan pengujian layanan seluler Starlink menggunakan ponsel yang tidak dimodifikasi dari produsen terkemuka, termasuk lini Pixel.

Otoritas Android melaporkan bahwa SMS darurat Pixel 9 akan merespons perintah tertentu, memungkinkan layanan darurat menyederhanakan komunikasi dan memberikan bantuan lebih cepat. Fungsionalitasnya mencerminkan fitur SOS Darurat Apple di iPhone.

Pada bulan Februari, Google mengumumkan kolaborasi dengan AST SpaceMobile untuk memajukan konektivitas satelit untuk perangkat Android. Kemitraan ini membuat Google bergabung dengan operator seluler AT&T dan Vodafone dalam menginvestasikan $110 juta ke AST SpaceMobile, sebuah perusahaan yang mengembangkan menara seluler berbasis ruang angkasa.


Pratinjau pengembang kedua Android 15 semakin memperkuat dukungan yang ada untuk roaming satelit.

Wakil Presiden Teknik Dave Burke menyoroti bahwa rilis ini menggabungkan “elemen UI untuk memastikan pengalaman pengguna yang konsisten di seluruh lanskap konektivitas satelit” dan memungkinkan dukungan konektivitas satelit untuk aplikasi perpesanan milik Google dan pihak ketiga.

Selain seri Pixel 9, Otoritas Android melaporkan bahwa konektivitas satelit juga diharapkan disertakan dalam Pixel Fold generasi berikutnya. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *