Satpam Harus Mampu Mendeteksi Dini Gangguan Keamanan

Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi bersama Bupati Wardoyo Wijaya dan pejabat Forkopimda lainnya menyerahkan piala dan hadiah pada pemenang Lomba Disiplin dan Keterampilan Anggota Satpam, Sabtu (30/12).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Polres Sukoharjo menggelar upacara memperihati HUT Satpam ke-37 di Halaman Kantor Setda Pemkab Sukoharjo, Sabtu (30/12). Dalam kesempatan itu, Polri berpesan pada anggota Satpam harus mampu mendeteksi dini potensi gangguan keamanan di lingkungan kerja masing-masing.



Dari pantauan di lokasi, tampak hadir dalam upacara Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya, Ketua DPRD Nurjayanto dan Dandim Letkol Inf Chandra Ariyadi Prakosa. Sedangkan Kapolres AKBP Iwan Saktiadi bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup). Dalam sambutan Kapolri yang dibacakan Kapolres diungkapkan jika selama ini Satpam berperan dalam menjaga keamanan dan ketertiban di tempat-tempat pelayanan masyarakat, instansi pemerintah dan lainnya.

“HUT Satpam ke-37 ini bisa dijadikan momentum evaluasi kinerja dan refleksi kemuliaan profesi Satpam yang dibutuhkan kehadirannya. Patut dihargai dan terus ditingkatkan kemampuannya,” ujar Kapolres.

Lebih lanjut menurut Kapolres, kebutuhan akan rasa aman di tengah masyarakat membuat anggota Satpam dituntut harus bisa mendeteksi secara dini potensi gangguan keamanan di lingkungan kerjanya. Selain itu, Satpam harus bisa membuat laporan dengan akurat dan lengkap pada kepolisian dan bisa melakukan tindakan di tempat. Diharapkan pula bisa memberikan kontribusi maksimal dalam upaya menciptakan keamanan di lingkungan kerja masing-masing.

Terwujudnya keamanan dan ketertiban di lingkungan kerja, ujar Kapolres, merupakan dukungan untuk iklim investasi yang kondusif. Untuk itu, peningkatan kompetensi Satpam harus jadi perhatian seluruh pemangku kepentingan. Hal itu bisa melalui pendidikan, pelatihan dan sertifikasi anggota Satpam yang dilakukan secara terpadu dan berkelanjutan.

“Polri mengapresiasi pada pimpinan organisasi, perusahaan, instansi, dan lembaga pemerintah yang berperan dalam peningkatan kompetensi anggota Satpam melalui upaya sinergis dan berkelanjutan. Sehingga, profesi Satpam semakin memberikan kontribusi positif bagi masyarakat,” paparnya.

Kapolri dalam sambutannya juga menyampaikan, guna meningkatkan peran serta Satpam dalam memelihara keamanan dan ketertiban di lingkungan kerjanya masing-masing, ada beberapa hal yang perlu ditekankan pada seluruh anggota Satpam. Yakni, niatkan setiap pelaksanaan tugas memelihara kemanan dan ketertban lingkungan kerja sebagai bagian dari ibadah, profesi sebagai anggota Satpam merupakan profesi yang luhur, oleh karena itu tanamkan dan pelihara kebanggaan dan kehormatan di hari sanubari sebagai anggota Satpam, tugas yang diemban sebagai anggota Satpam adalah tugas yang penuh dengan kemuliaan, oleh karena itu, laksanakan setiap tugas dengan cermat dan penuh tanggung jawab.

Dua lainnya adalah jangan pernah berhenti untuk meningkatkan keterampilan termasuk membekali diri dengan berbagai kemampuan membela diri, serta tingkatkan komunikasi dan koordinasi secara sinergis dengan personel dan sagtuan Polri di lingkunan tempat kerja.

Usai upacara, Kapolres bersama Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya dan pejabat Forkopimda lainnya lantas menyerahkan piala dan hadiah pada pemenang Lomba Disiplin dan Keterampilan Satpam Tingkat Polres. Setelah itu, dilanjutkan acara tambahan berupa atraksi kemampuan dan keterampilan anggota Satpam PT Sritex. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.