Resmikan BUMDes Semar Kridho Desa Toriyo, Bupati Beri Pesan Ini

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani saat meresmikan BUMDes Semar Kridho Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Jumat (21/1/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) diyakini mampu meningkatkan perekonomian desa dan mampu membawa kesejahteraan bagi masyarakat. Hal itu akan tercapai jika BUMDes dikelola dengan baik dan profesional. Hal itu disampaikan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, saat meresmikan BUMDes Semar Kridho Desa Toriyo, Kecamatan Bendosari, Jumat (21/1/2022).




“Eksistensi BUMDEs sebagai lembaga bisnis yang dimiliki dan dikelola oleh pemerintah desa memiliki peran strategis dalam pembangunan ekonomi daerah,” ujar Etik.

Menurutnya, keberadaan BUMDes diyakini dapat memberikan multiplier effect yang sangat besar bagi perekonomian masyarakat. Dengan adanya BUMDes, akan menggerakkan sektor-sektor ekonomi produktif, serta menjadi stimulan bagi pertumbuhan ekonomi di daerah pedesaan.

Pendirian dan pengelolaan BUMDes, lanjutnya, adalah perwujudan dari pengelolaan ekonomi produktif desa yang dilakukan secara kooperatif, partisipatif, emansipatif, transparan, dan akuntabel. Untuk itu, perlu adanya upaya yang serius untuk menjadikan pengelolaan BUMDes hingga dapat berjalan secara mandiri, efektif, efisien, dan profesional.

Bupati mengatakan, pertumbuhan ekpnomi harus dimulai dari desa dengan mengedepankan ekonomi kerakyatan. Tentu, harapannya pertumbuhan BUMDes harus mampu menjadi pilar terdepan untuk memenuhi kebutuhan masyarakatnya sendiri. Pembangunan ekonomi bukan dari kota ke desa, melainkan harus mengembangkan dari desa ke kota, itulah yang disebut dengan ekonomi kerakyatan.

Kawasan usaha BUMDes akan menjadi ikon-ikon pertumbuhan ekonomi daerah. Selaku Kepala Daerah, Bupati sangat mengapresiasi dengan pendirian BUMDes Semar Kridho tersebut. Bupati berharap dengan pendirian BUMDes tersebut dapat meningkatkan pendapatan masyarakat desa sekitarnya dan meningkatkan perekonomian bagi desa.

“Saya yakin, jika dikelola dengan manajemen yang baik dan profesional, BUMDes ini akan maju pesat. Saya harap BUMDes Semar Kridho bakal memacu geliat ekonomi masyarakat dan menghargai produk lokal sebagai potensi yang harus dikembangkan,” ujar Etik. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *