Rektor Sofyan Anif Sebut UMS Menyetel Masa tunggu Mahasiswa Tidak Lama

Rektor UMS, Sofyan Anif (paling kanan) bersama Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya saat mengunjungi stan Job Fair di GOR UMS, Kamis (6/10).

Sukoharjonews.com – Universitas Muhammdiyah Surakarta (UMS) di Kartasura, Sukoharjo, menyetel mahasiswa untuk tidak memiliki masa tunggu yang lama.  Rektor UMS, Sofyan Anif mengatakan, pihaknya sedang menyiapkan kurikulum agar lulusan UMS cepat mendapatkan pekerjaan sesuai bidangnya.

“Kami berusaha menata kurikulum untuk mengarahkan mahasiswa UMS agar tidak memiliki masa tunggu yang lama. Prisip kami dalam mengelola pendidikan, finalnya supaya mereka (lulusan UMS) bisa bekerja sesuai bidangnya,” tutur Sofyan di sela Job Fair di GOR UMS, Kamis (6/10).

Mahasiswa UMS tidak memiliki masa tunggu lama artinya, jelas Sofyan, setelah mahasiswa lulus, mereka tidak butuh waktu lama untuk mendapatkan pekerjaan. “Artinya setalah lulus tidak harus menunggu lama untuk mendapat pekerjaan, kami punya target zero tahun,  maksimal 3 bulan sudah lulus harus sudah punya pekerjaan,” imbuh rektor bergelar doctor itu.

Sofyan menjelaskan, untuk mewujudkan itu, mahasiswa UMS akan diberi bekal ‘life skills’ atau ketrampilan hidup, cara komunikasi, cara kerjasama, dan pengalaman. “Ini yang akan kami inkludkan dalam kurikulum,” tandasnya.

Sofyan menyebut, IP (indeks prestasi) saja tidak menjamin lulusan perguruan tinggi cepat mendapat pekerjaan layak sesuai bidangnya. Menurutnya, berbagai survey internasional menyebut IP berada di urutan ke-18 dalam hal mendapatkan pekerjaan.

“Bukan berarti kami merendahkan IP. Tapi para penyedia pekerjaan lebih mengutamakan aspek komunikasi, kejujuran, pengalaman dan kerjasama. Itu yang dibutuhkan. UMS tengah menata kurikulumnya seperti itu,” pungkasnya. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.