Pemilih Pemula Sukoharjo untuk Pilgub Capai 72.760 Orang

Komisi A DPRD Jateng mengunjungi KPU Sukoharjo untuk mengecek kesiapan menghadapi Pilgub Jateng, Rabu (10/1)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng saat ini adalah persiapanb untuk melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) daftar calon pemilih yang ada. KPU Sukoharjo sudah memiliki bahan coklit yang diterima dari Kementerian Dalam Negeri berupa Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4). Dalam DP4 tersebut, jumlah pemilih pemula di Sukoharjo mencapai 72.760 orang.



Anggota KPU Sukoharjo Divisi Pemutakhiran Data dan Pendaftaran Pemilih Mulat Bayu Aji saat menerima kunjungan Komisi A DPRD Provinsi Jateng, Rabu (10/1) menjelaskan, bahan
DP4 tersebut sudah disinkronisasi dengan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilu terakhir, dalam hal ini DPT Pemilihan Bupati (Pilgub) 2015. Sesuai data yang ada dalam DP4, jumlah pemilih laki-laki sebanyak 341.470 orang, perempuan 348.886 orang dan totalnya sebanyak 690.356 orang.

“Daftar pemilih pemula tersebut termasuk dalam total DP4. Dari 72.760 orang pemilih pemula, terdiri dari laki-laki 35.094 orang dan perempuan 37.666 orang,” ujar Bayu.

Bayu menambahkan, untuk Kabupaten Sukoharjo sendiri, jumlah PPK sebanyak 60 personil, PPS 501 personil. Selain itu, KPU juga merekrut Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) sebanyak 1.353 orang. Jumlah tersebut sesuai dengan jumlah TPS yang akan dibuat nantinya.

Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto juga mengatakan, pada prinsipnya KPU menjalankan tugas sesuai aturan yang ada. Begitu juga tahapan yang dilakukan KPU juga sudah diatur. Karena Pilgub, ujar Kuswanto, semua anggaran berasal dari Provinsi Jateng dan wajib dipertanggungjawabkan dengan baik.

“Coklit akan akan dimulai serentak pada 20 Januari mendatang. Nanti ada gerakan masif di setiap wilayah dalam melakukan coklit. Tiap komisioner juga ikut bergerak mendampingi petugas saat melakukan coklit,” paparnya pada Komisi A DPRD Provinsi Jateng.

Anggota Komisi A DPRD Provinsi Jateng Bambang Haryanto mengatakan, jika melihat paparan dari KPU Sukoharjo, semua tahapan sudah dilaksanakan dengan baik. Begitu juga terkait dengan anggaran yang tidak ada masalah. Tinggal menunggu hasilnya nanti seperti apa. Dia berpesan KPU Sukoharjo untuk melakukan koordinasi baik dengan penyelenggara yang lain sehingga muncul sinergi yang positif.

Sedangkan Ketua Rombongan yang juga Sekretaris Komisi A, Ali Mansyur berharap hasil Pilgub nanti bisa mereprentasikan keinginan rakyat Jateng. Bisa membawa Jateng lebih maju dan sejahtera. “Kalau melihat persiapan yang ada, KPU Sukoharjo sudah siap sehingga tidak masalah yang perlu dikhawatirkan.

Ali juga mengatakan, Pilgub Jateng nanti hanya akan diikuti dua pasang calon. Masing-masing Ganjar Pranowo-Taj Yasin yang diusung PDI Perjuangan, Golkar, Demokrat, PPP, Nasdem yang sudah mendaftar ke KPU. Sedangkan satu pasang lainnya adalah Sudirman Said-Ida Fauziyah yang menurut rencana akan mendaftar ke KPU, Rabu (101) sore ini.

“Kami harap Pilgub Jateng bisa kondusif, tidak seperti di Jakarta yang lebih pada politik identitas. Dengan hanya dua pasang calon, masyarakat tinggal memilih mana yang dikehendaki,” pungkasnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.