Negara-negara dengan Populasi Anak Muda Tertinggi di Dunia Tahun 2023

Negara dengan anak muda tertinggi. (Foto: ucsf)

Sukoharjonews.com – Banyak negara yang membatasi pemuda sebagai usia dimana seseorang dipandang sama oleh hukum. Di banyak negara, usia pemuda berkisar 18 tahun. Karenanya, begitu seseorang mencapai usia ini, mereka dianggap sebagai anak muda. Saat ini, 1,2 miliar anak muda, atau 16% dari populasi dunia, berusia antara 15 dan 24 tahun.


Kebutuhan untuk mengatasi masalah multifaset yang dihadapi oleh kaum muda (termasuk akses ke pendidikan, kesehatan, pekerjaan, dan kesetaraan gender) semakin mendesak dari sebelumnya karena kaum muda dengan cepat menuntut peluang dan solusi yang lebih adil, merata, dan progresif dalam masyarakat mereka. Dikutip dari Bscholarly, pada Kamis (25/5/2023), berikut daftar negara yang mempunyai populasi anak muda tertinggi di dunia tahun 2023:

1. India
India memiliki populasi kaum muda terbesar di dunia, dengan lebih dari 808 juta orang (atau sekitar 66 persen dari keseluruhan populasi) berusia di bawah 35 tahun. Usia 13 hingga 35 tahun merupakan lebih dari 40% populasi India ( diklarifikasi sebagai pemuda dalam Kebijakan Kepemudaan Nasional). Usia rata-rata India pada 2010 hanya 25,2 tahun, sedangkan China 34,5 tahun. Selama sepuluh tahun ke depan, angkatan kerja India diperkirakan akan meningkat lebih dari 8 juta orang setiap tahunnya, terutama sebagai akibat dari masuknya kaum muda ke dalam angkatan kerja. Untuk memberikan pekerjaan yang baik kepada generasi dengan tingkat pendidikan yang semakin tinggi, otoritas memiliki tugas yang signifikan.


2. China
Menurut proyeksi dari GlobalData, 1,42 miliar orang tinggal di negara tersebut pada tahun 2021 dibandingkan dengan 1,41 miliar pada tahun 2020. Mayoritas orang di China berusia antara 15 dan 64 tahun. Pada tahun 2021, 13,1% dari penduduk berusia di atas 65 tahun, 70,1% penduduk berada dalam rentang usia kerja (15 hingga 64 tahun), dan 16,8% penduduk berusia di bawah 15 tahun. Menurut Biro Statistik Nasional, 10,6 juta bayi lahir di China pada tahun 2021, turun dari 12 juta pada tahun 2020. Pada tahun 2021, kepadatan penduduk China adalah 149,4 orang per kilometer persegi. GlobalData memproyeksikan bahwa populasi akan meningkat sebesar 0,1% CAGR antara tahun 2022 dan 2024.

3. Indonesia
Dengan 28 persen dari 260 juta penduduknya, Indonesia saat ini memiliki salah satu populasi kaum muda terbesar di dunia dengan 68 juta orang berusia antara 10 dan 24 tahun. Sekitar 45,8 juta remaja berusia antara 10 dan 19 tahun. dalam jumlah ini atau 13,3% dari total populasi. Mereka menumbuhkan suasana sosial yang sehat, memberi kaum muda akses ke pendidikan berkualitas tinggi, dan memberi mereka kesempatan untuk terlibat dalam komunitas mereka dan mengembangkan keterampilan hidup yang berharga. Pemuda Indonesia diberikan kemungkinan oleh semua ini. Mengingat pemuda adalah fondasi bangsa manapun, anak-anak harus memiliki kesempatan untuk tumbuh dan belajar melalui program pemuda Indonesia ini.


4. Amerika Serikat
Mayoritas kaum muda adalah kaum muda, yang berbeda usia dari 13 sampai 19 tahun. Seseorang seringkali mulai mengembangkan banyak karakteristik yang akan menentukan kehidupan dewasa mereka selama masa remaja yang sangat unik. Kesalahpahaman dan komunikasi yang buruk adalah karakteristik umum dari konflik pada usia ini, yang biasanya terjadi antar generasi dewasa. Populasi muda menurun demi generasi yang lebih tua sebagai akibat dari transisi demografis yang terjadi di beberapa negara barat. Meskipun demikian, jumlah remaja di Amerika Serikat, yang terdiri dari 21 hingga 22 juta populasi kaum muda di negara itu, tetap relatif konsisten selama sepuluh tahun terakhir.

5. Pakistan
207.774.520 orang diperkirakan tinggal di Pakistan, menurut temuan awal Sensus Pakistan 2017. Pakistan memiliki populasi tertinggi kelima di dunia. Pada 2019, 34,8% populasi dianggap berusia 14 tahun atau lebih muda. Masalah serius dengan pendidikan di Pakistan berdampak signifikan pada banyak kaum muda; hanya 68% siswa Pakistan menyelesaikan sekolah dasar, dan Pakistan memiliki salah satu tingkat melek huruf terendah di dunia. Bidang lain yang menjadi perhatian serius termasuk pekerja anak di Pakistan, perkawinan anak, anak jalanan, kelaparan, dan masalah kesehatan. Menurut Konstitusi Pakistan, semua anak berusia antara 5 dan 16 tahun berhak mendapatkan pendidikan umum gratis yang juga diwajibkan.


Kaum muda, khususnya, harus mendapatkan pendidikan dan pelatihan yang diperlukan untuk berpartisipasi dalam ekonomi produktif dan memiliki akses ke pasar kerja yang akan menerima mereka ke dalam angkatan kerja. (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *