Mengonsumsi Air Asin Saat Perut Kosong Setiap Pagi

Mengkonsumsi air garam saat perut kosong.(Foto: nakita)

Sukoharjonews.com – Sejak masa kanak-kanak, kita telah mengenal “gharela totka” dari nenek dan ibu kita, yang memuji khasiat air jeera untuk pencernaan, air adas dan methi untuk mendinginkan tubuh di musim panas, dan air lemon untuk menurunkan berat badan. Meskipun sebagian dari kita menganut pengobatan rumahan ini, ada satu hal yang masih belum jelas: air asin, khususnya air garam Himalaya. Dipercaya dapat membantu keseimbangan elektrolit dan detoksifikasi, air garam memiliki banyak manfaat, yang akan kita bahas di bawah ini.


Dikutip dari The Statesman, pada Jumat (24/5/2024), berikut penjelasan mengenai manfaat mengonsumsi air garam saat perut kosong dipagi hari:

1. Air asin untuk keseimbangan elektrolit
Selama musim panas, keringat yang terus-menerus sering kali membuat kita merasa dehidrasi. Hidrasi yang cukup sangat penting, karena mengabaikannya dapat mengakibatkan berbagai masalah kesehatan. Pernahkah Anda bertanya-tanya mengapa orang tua sering merekomendasikan air garam dan lemon setelah terpapar sinar matahari, sebelum munculnya minuman energi dan glukosa? Dehidrasi sering kali mengganggu keseimbangan elektrolit, dan mengonsumsi air garam membantu memperbaiki kadar natrium dan kalium dalam tubuh, yang penting untuk fungsi saraf normal.

2. Memperlancar pencernaan
Meskipun air garam bermanfaat, namun moderasi adalah kuncinya. Kami tidak menganjurkan sesendok garam dalam air Anda; sebaliknya, sejumput gelas dapat membantu pencernaan. Meskipun penelitian lebih lanjut sedang berlangsung, diyakini bahwa air garam membantu memecah partikel makanan, memfasilitasi pencernaan yang lebih lancar dan penyerapan nutrisi yang optimal. Ini juga merangsang cairan pencernaan dan menjaga keseimbangan pH tubuh.


3. Membantu detoksifikasi dengan air asin
Air garam membantu detoksifikasi dengan meningkatkan keringat, yang menghilangkan racun dari tubuh. Hal ini meningkatkan fungsi ginjal, memfasilitasi pengusiran zat berbahaya. Proses detoksifikasi ini juga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

4. Meredakan sakit tenggorokan dan flu biasa
Baik sedang berjuang melawan radang amandel atau sakit tenggorokan, Anda mungkin disarankan untuk berkumur dengan air garam hangat. Air garam mengurangi sekresi lendir, mengurangi kemacetan pernapasan dan kesulitan bernapas yang berhubungan dengan pilek. Ini memberikan kelegaan dan berfungsi sebagai obat untuk gejala flu biasa.


Singkatnya, memasukkan air asin ke dalam rutinitas Anda dapat menghasilkan manfaat yang signifikan. Namun, konsumsi berlebihan dapat membahayakan ginjal, sehingga menekankan pentingnya berkonsultasi dengan profesional medis mengenai kesesuaian untuk kasus individual.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *