Mengapa Kita Bisa Dehidrasi?

Alasan mengapa bisa dehidrasi. (Foto: verywell health)

Sukoharjonews.com – Dehidrasi merupakan kondisi saat cairan tubuh yang masuk lebih sedikit dibandingkan dengan cairan tubuh yang keluar. Hal ini bisa mengakibatkan tubuh tidak mampu berfungsi dengan baik.


Dehidrasi terjadi saat asupan cairan tubuh tidak terpenuhi atau cairan yang keluar tubuh lebih banyak dibandingkan dengan cairan yang masuk. Cairan tubuh dapat terbuang saat muntah, buang air kecil, berkeringat, dan diare. Selain itu, aktivitas fisik, cuaca, dan makanan bisa memengaruhi seberapa parah dehidrasi yang terjadi. Dikutip dari Cleveland Clinic, yang dilansir dari beberapa sumber, pada Rabu (31/5/2023), berikut alasan mengapa kita bisa dehidrasi:

1. Anda tidak minum cukup air
Tampak jelas, bukan? Tetapi sering kali, Anda mungkin berpikir Anda mendapatkan cukup air setiap hari. Namun pada kenyataannya, Anda kekurangan. Berapa banyak air yang perlu Anda minum setiap hari? Akademi Sains, Teknik, dan Kedokteran Nasional merekomendasikan hal berikut untuk asupan cairan harian yaitu 125 ons (3,7 liter) untuk pria, dan 91 ons (2,7 liter) untuk wanita.


Berapa banyak air yang perlu Anda minum tergantung pada situasi Anda, tergantung pada jumlah energi yang Anda gunakan. Faktor-faktor tersebut dapat mencakup seberapa banyak Anda berolahraga, seberapa banyak Anda berkeringat, dan seberapa banyak buah dan sayuran yang Anda makan. Orang yang lebih tua, anak kecil atau mereka yang mungkin mengalami penurunan mekanisme rasa haus harus didorong untuk minum cairan.

2. Anda minum air sekaligus
Jika Anda bangun dan menenggak satu galon air setiap pagi, Anda mungkin melakukan lebih banyak kerugian daripada kebaikan. Membebani sistem Anda dengan air hanya akan menyebabkan tubuh Anda menghilangkan kelebihan melalui urin Anda – mengambil elektrolit penting bersamanya. Sebaliknya, usahakan untuk tetap terhidrasi sepanjang hari.


3. Anda sedang minum kopi atau soda
Meskipun tergoda untuk menyeruput moka es itu dan mengira Anda terhidrasi dengan baik, itu tidak mudah. Minuman seperti kopi, soda dengan kafein – dan bahkan alkohol yang dapat memiliki efek diuretik, yang berarti dapat menyebabkan Anda buang air kecil atau buang air kecil lebih banyak, yang kemudian dapat membuat Anda semakin dehidrasi. Itu bukan untuk mengatakan Anda tidak dapat memiliki secangkir joe pagi, tetapi tidak ada pengganti untuk aqua tua biasa.

4. Anda menderita diabetes
Jika Anda sering buang air kecil dan selalu terlihat haus, bisa jadi itu adalah tanda awal diabetes. Tubuh Anda sedang berusaha membuang gula; karenanya, sering buang air kecil. Dan itu bisa menyebabkan dehidrasi. Urin Anda mungkin berbau harum dan mungkin disertai dengan penurunan berat badan.


5. Anda berkeringat terlalu banyak
Apakah Anda sedang berolahraga atau hanya keluar di cuaca panas, berkeringat menyebabkan hilangnya cairan dan elektrolit. Kecuali Anda minum lebih banyak air untuk mengisi kembali apa yang telah hilang, itu dapat menyebabkan dehidrasi.

“Ingat, kita bisa kehilangan cairan dengan berkeringat dan bernapas,” catat Dr. Fertel. “Jadi, penting untuk tetap terhidrasi.” (cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *