Memperkenalkan Konsep Roadster BMW R20 Baru, Hadir dengan Mesin Boxer 2.0 Liter

Konsep Roadster BMW R20 Baru. (Foto: Greatbiker)

Sukoharjonews.com – BMW Motorrad, pabrikan otomotif asal Jerman memperkenalkan sepeda motor konsep BMW R20 telah di Concorso d’Eleganza Villa d’Este. Motor memiliki tampilan seperti sepeda motor roadster. Ini memiliki suasana Cafe Race dan yang paling menarik adalah pembangkit listrik Boxer 2.0 liter.


Dikutip dari Greatbiker, Kamis(30/5/2024), Markus Flasch, Kepala BMW Motorrad, mengatakan tentang konsep baru ini: “BMW R20 Concept adalah sebuah mahakarya mekanis. Big Boxer adalah inti dari apa yang diperjuangkan BMW Motorrad.”

Piston horizontal dengan kapasitas mesin 2.000 cc. memiliki sistem pendingin udara dan sistem pembuangan 2:2 independen, mesin akan menerima “penutup kepala silinder baru, penutup sabuk baru dan pendingin oli baru dikembangkan untuk memungkinkan pemasangan saluran oli yang sebagian tersembunyi.”

Kendaraan ini memiliki struktur loop ganda baru yang terbuat dari pipa baja kromium-molibdenum. yang berfungsi sebagai tulang punggung motor. Seperti halnya pengaturan lengan ayun belakang “lengan ganda” paralever yang baru, poros penggerak transmisi memiliki jarak tempuh yang lebih pendek. Hal itu agar sesuai dengan ukuran yang lebih kecil juga yang dikatakan pengembangnya. “Karya baru ini adalah Dinamika motor dirancang sedemikian rupa sehingga torsi penggeraknya seimbang sempurna.”

Konsep Roadster BMW R20 Baru. (Foto: Greatbiker)
Konsep Roadster BMW R20 Baru. (Foto: Greatbiker)

Sedangkan untuk perlengkapan pada motor ini, yang cukup dikenal luas adalah suspensi Ohlins, sedangkan remnya 6 port radial di depan dan 4 port di belakang. Sedangkan peleknya ada sedikit perbedaan. Rodanya berukuran sama yakni 17 inci di kedua sisinya. Namun pelek depannya terbuat dari anyaman kawat jeruji. Namun di bagian belakang ada pelek yang dibentuk tunggal.


Dari segi tampilan, R20 memiliki kemiripan dengan seri R Nine T, namun perbedaannya terletak pada skema warnanya. Pengembang menyebutnya “Hotter than Pink,” warna yang belum pernah muncul pada produk perusahaan sejak tahun 1970-an, seiring dengan penggunaan bahan Alcantara pada joknya. Ini menekankan tampilan roadster yang dinamis, sementara lampu depan LED ditempatkan dalam wadah aluminium cetak 3D khusus.

Alexander Buckan, Kepala Desain BMW Motorrad, menambahkan: “Konsep R20 adalah interpretasi berani dari DNA BMW Motorrad. Ini menggabungkan elemen teknis modern dengan desain roadster klasik. Proporsinya yang sangat besar dan keindahannya yang bersahaja menjadikannya sesuatu yang sempurna.”


Meski demikian, BMW R20 ini masih sebatas motor konsep. Itu belum diproduksi secara resmi untuk dijual. Namun di sisi lain, ada kemungkinan besar BMW Motorrad akan mempertimbangkan untuk mengembangkan R20 ini ke dalam produksi.

Hal itu seperti yang telah sukses di masa lalu dengan produk besar seperti R18, saat ini terdapat model yang lebih kecil yang terus menerus mendobrak lini tersebut. Tidak menutup kemungkinan dalam waktu dekat BMW akan mendapatkan lini produk baru untuk seri R Nine T. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *