Makanan Kaya Serat yang Ampuh Bantu Kecilkan Perut Buncit

Makanan kaya serat kecilkan perut buncit. (Foto: freepik)

Sukoharjonews.com – Selain berolahraga, salah satu cara untuk mengecilkan perut buncit adalah dengan memerhatikan pola makan atau jenis makanan yang dikonsumsi. Ya, kamu harus lebih selektif dalam memilih asupan makanan saat sedang diet dan ingin menghilangkan lemak di area perut.


Dilansir dari Eat This! Not That, Jum’at (2/6/2023),ada beberapa jenis makanan yang efektif dalam mengecilkan perut buncit, misalnya makanan kaya serat. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), makan makanan yang kaya serat tidak hanya membantu menurunkan berat badan sekaligus meratakan perut buncit, namun juga dapat membantu mengurangi risiko beberapa penyakit yang mengancam jiwa seperti diabetes, stroke dan penyakit koroner.

Makanan berserat tinggi akan membuat kamu kenyang lebih lama tanpa meningkatkan kadar gula darah dan tekanan darah. Ini dapat mencegah kamu untuk makan berlebih dan mengontrol nafsu makan.

Pir
Buah pir kaya akan kandungan serat dan air. Pir juga dikemas dengan vitamin, antioksidan, dan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Pir adalah sumber yang kaya akan vitamin C, vitamin K, potasium, dan tembaga.

Dilansir dari Healthifyme, Pir membantu membakar lemak perut karena kaya akan serat dan air serta rendah kalori. Selain itu, buah pir juga baik untuk kesehatan secara umum, misalnya ginjal, usus, dan jantung, bahkan bisa membantu menurunkan risiko diabetes.

Almond
Dilansir dari Times of India, almond dapat membantu dalam mengontrol rasa lapar, sebab almond dapat membantu kamu untuk merasa kenyang lebih lama. Almond sarat dengan protein, serat, dan lemak sehat yang membantu memuaskan rasa lapar serta membuat kamu tetap bugar dan sehat.

Kaya akan antioksidan, almond tidak hanya kaya akan serat tinggi, tetapi pada juga protein yang membuat kamu merasa kenyang dan terhindar dari makan berlebih. Almond juga dapat membantu dalam mengurangi gula darah.


Bayam
Sayuran berdaun hijau satu ini mengandung antioksidan, vitamin, mineral, dan kaya serat, yang membantu menurunkan berat badan sekaligus meningkatkan kekebalan tubuh. Menurut ahli, mengonsumsi bayam juga ampuh untuk menghilangkan lemak perut.

“Bayam kaya serat, yang menyerap nutrisi lebih banyak dan membantu pencernaan. Bayam juga tinggi vitamin K, yang terkadang dapat mendukung pengurangan berat badan, termasuk lemak visceral (lemak di perut),” ungkap ahli gizi Courtney D’Angelo, dikutip dari Eat This, Not That!.

Brokoli
Brokoli mengandung nutrisi penting dan kaya serat yang berkontribusi pada rasa kenyang lebih lama. Hal ini membantu mencegah kamu untuk makan berlebih.

Dilansir dari Express UK, sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of Academy of Nutrition and Dietetics menemukan bahwa sayuran berwarna hijau tua seperti brokoli membantu mengurangi lemak perut. Brokoli mengandung fitokimia dengan satu fitokimia bernama sulforaphane yang sangat efektif membantu membakar lemak perut.

Studi tersebut juga menemukan bahwa mengonsumsi brokoli juga dapat membantu mengurangi faktor risiko diabetes tipe 2.

Pisang
Buah kuning satu ini menjadi salah satu buah favorit banyak orang. Selain rasanya yang lezat, mudah diolah menjadi aneka hidangan, pisang juga mudah ditemukan. Pisang kaya akan potasium, antioksidan, serat, dan karbohidrat sehat, sehingga membantu kamu untuk merasa kenyang dalam jangka waktu yang panjang.

“Pisang adalah sumber serat yang sangat baik, dan setiap pisang mengandung jumlah yang tinggi dibandingkan dengan jumlah kalorinya. Serat membutuhkan waktu lama bagi tubuh untuk dicerna, yang dapat membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan memasukkan banyak serat dalam makanan Anda, itu akan menghentikan Anda dari rasa lapar dan mengurangi jumlah yang Anda makan,” ungkap Dr. Don Grant kepada Eat This, Not That

Raspberry
Beauties, kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan buah berry. Buah yang memiliki beragam jenis ini memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, mulai dari menjaga daya ingat tetap tajam hingga bantu menurunkan berat badan.

Menurut Roxana Ehsani, seorang ahli gizi dan diet terdaftar, buah berry adalah salah satu buah yang paling padat nutrisi. Tak hanya itu, buah berry juga kaya akan serat. Dari sekian banyak jenis buah berry, rupanya ada satu jenis yangpaling ampuh dalam membantu menurunkan berat badan. Jenis buah berry tersebut adalah raspberry.

“Buah berry tidak hanya sarat dengan vitamin, mineral, dan antioksidan tetapi juga dengan serat,” ungkapnya kepada Eat This! Not That.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *