Lupakan Masa Lalu, Selamat Datang Harapan Baru

Kawasan Solo Baru, Grogol sangat meriah dengan pesta kembang api yang digelar The Park Mall menyambut pergantian tahun.

Sukoharjonews.com (Grogol) – Suasana pergantian tahun di Kota Solo terlingat lengang. Masyarakat memang terpusat di Jalan Slamet Riyadi yang digelar “Car Free Night” (CFN). Namun, kebijakan perayaan Tahun Baru tanpa kembang api berdampak pada lengangnya suasana pergantian tahun. Suasana meriah justru terlihat di Solo Baru khususnya di kawasan The Park Mall yang menggelar pesta kembang api menyambut Tahun baru 2018.



“Banyak yang milih ke Solo Baru karena di Kota Solo tidak ada kembang api. Adanya haya hiburan di sepanjang Jalan Slamet Riyadi,” ungkap Fajar, 27, warga Dawung Kulon, Kecamatan Serengan, Solo, Senin (1/1).

Diakui Fajar, dirinya bersama teman-teman memilih datang ke Solo Baru karena ada pesta kembang api. Dari pantaun di lokasi, kawasan Solo baru khususnya Jalan Ir Soekarno ditutup dan arus lalulintas dialihkan. Masyarakat terpusat di kompleks The Park Mall dan sekitar Hartono Trade Center (HTC).

Adanya pesta kembang api benar-benar membuat magnet bagi masyarakat untuk datang. Terbukti, warga tumplek blek di kawasan Solo Baru. Pusat perayaan pergantian tahun juga terjadi di Alun-Alun Satya Negara Sukoharjo. Di alun-alun sendiri digelar pentas musik rock dan juga pesta kembang api menyambut datangnya Tahun baeru 2018.

Kasat Lantas Polres Sukoharjo AKP Finan Suka Radipta mengakui adanya rekayasan lalu lintas untuk menghindari kemacetan di Solo Baru. Terlebih lagi, ada pesta kembang api yang digelar The Park Mall sehingga membuat kawasan tersebut dipenuhi masyarakat yang ingin merayakan Tahun Baru. “Arus lalu lintas dari arah utara ditutup di Tugu Ir Soekarno dan dialihkan ke arah barat menuju Baki,” ujarnya.

Begitu juga dari arah selatan dimana arus lalin sudah mulai di alihkan di Langenharjo. Sehingga, warga yang ingin ke Kota Solo harus memutas melalui Kudu, Baki hingga tembus di Tanjunganom. Sedangkan pintu masuk The Park Mall dari arah timur juga ditutup. Dengan kata lain, Jalan ir Soekarno tidak boleh dilewati selama pergantian tahun.

“Begitu pesta kembang api usai dan warga mulai membubarkan diri, petugas mulai membuka jalan dan dilihat situasional di lapangan,” ujarnya.

Selain itu, pihaknya juga menerjunkan tim penyapu untuk menghalau masyarakat berkumpul di ruas jalan. Hal itu untuk menghindarkan kemacetan khususnya di titik-titik kegiatan masyarakat dalam merayakan Tahun Baru. Finan mengaku secara umum kondisi arus lalulinyas selama malam pergantian Tahun Baru berjalan lancar. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.