Ragam  

Kecamatan Sukoharjo Gelar Bazar Produk Tani di Taman Pakujoyo, Panitia Sediakan Hadiah Untuk Pembeli

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, mengunjungi stan peserta Bazar Produk Tani di Taman Pakujoyo, Jumat (10/12/2021).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Bazar produk tani kembali digelar dimana kali ini Kecamatan Sukoharjo yang menyelenggarakan di Taman Pakujoyo. Bazar produk tani tersebut digelar tiga hari, 10-12 Desember 2021. Untuk menarik masyarakat datang dan membeli produk, penyelenggara menyediakan banyak hadiah dengan cara diundi diakhir bazar. Bazar produk tani tersebut dibuka Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, Jumat (10/12/2021).




“Bazar ini diikuti oleh Kelompok Wanita Tani semua kelurahan di Kecamatan Sukoharjo dan juga stan-stan pendukung lainnya,” ujar Camat Sukoharjo, Havid Danang PW.

Dikatakan Havid, ada banyak hadiah yang disiapkan penyelenggara, antara lain beberapa sepeda gunung dan peralatan elektronik. Menurutnya, setiap transaksi Rp20 ribu dan kelipatannya akan mendapatkan satu kupon undian. Pengundian hadiah akan dilakukan saat penutupan bazar pada Minggu (12/12/2021). Bazar produk tani tersebut bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat yang menurun akibat pandemi corona khususnya petani.

Havid juga mengatakan, selain bazar produk tani, dalam acara yang sama diberikan santunan untuk anak yatim piatu, peresmian pojok baca Taman Pakujoyo, peluncuran ambulans VVIP dan layanan kesehatan gratis Puskesmas Sukoharjo, serta penebaran benih ikan di Telaga Palujoyo.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan bahwa dalam masa pandemi corona ini pemulihan ekonomi nasional menjadi program wajib yang harus dilaksanakan di semua sektor. Meskipun sektor pertanian merupakan satu-satunya sektor yang paling eksis di banding sektor lainnya dan merupakan penyumbang terbesar dalam pertumbuhan ekonomi, namun produsen pangan terdampak juga akibat pandemi corona.


“Kendala utama yang menjadikan terpuruknya nasib petani sebagai produsen pangan adalah keterbatasan akses dalam penjualan hasil panen. Karena kekurangan modal untuk berbudidaya, maka petani hanya bisa pasrah menjual hasil panennya kepada penebas dan tidak punya nilai tawar yang tinggi,” ungkap Etik.

Etik juga mengatakan, agar petani sebagai produsen pangan dapat merasakan peningkatan pendapatannya dan konsumen pangan dapat menikmati produk segar hasil pertanian dengan harga yang terjangkau, maka salah satu terobosan yang dapat kita lakukan adalah mendekatkan konsumen dengan produsen pangan. Salah satunya dengan menggelar bazar produk tani tersebut.

“Melalui bazar tani ini diharapkan konsumen akan mendapatkan produk segar langsung dari petani dengan harga yang lebih murah dan petani sebagai produsen pangan dapat menjual hasil panennya dengan harga yang lebih pantas karena memotong jalur distribusi pangan,” kata Etik.

Etik juga berharap bazar tani tersebut dapat dilaksanakan di semua kecamatan sehingga kesejahteraan petani pada khususnya dan masyarakat Kabupaten Sukoharjo pada umumnya akan meningkat. Selain itu, juga dapat mengurangi resiko kerusakan produk segar pertanian akibat angkutan pada saat distribusi. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.