Ragam  

Kapan Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Sukoharjo? Ini Penjelasan Dinas Kesehatan

Plt Kepala Dinas Kesehatan yang juga Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Sejumlah daerah sudah mulai melakukan vaksinasi corona untuk anak usia 6-11 tahun. Untuk Kabupaten Sukoharjo sendiri masih melakukan persiapan terkait dengan ketersediaan stok vaksin. Rencananya, vaksinasi corona untuk anak akan dilakukan pada minggu ke-4 bulan Desember ini dengan sasaran kelas 3, 4, dan 6 Sekolah Dasar (SD).




“Untuk saat ini anak kelas 1, 2, dan 5 mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS). Setelah ikut BIAS, harus ada interval waktu minimal empat minggu agar bisa ikut vaksinasi corona,” jelas Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Yunia Wahdiyati, Rabu (15/12/2021).

Yunia yang juga Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo tersebut melanjutkan, saat ini Sukoharjo tengah mengajukan pengiriman stok vaksin untuk memulai vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Pasalnya, saat ini stok vaksin Sinovac mulai menipis dan digunakan untuk menyelesaikan vaksinasi dosis 2. Permintaan stok vaksin Sinovac dilakukan karena jenis vaksin yang direkomendasikan adalah vaksin Sinovac.

Jadi, ujar Yunia, karena ada program BIAS untuk kelas 1, 2, dan 5, sasaran vaksinasi anak untuk kelas 3, 4, dan 6 terlebih dahulu. Baru setelah interval program BIAS terpenuhi bisa menyasar untuk kelas yang lain. “Kalau instansi lain seperti Polri masih punya stok vaksin Sinovac cukup banyak bisa menggelar vaksinasi untuk anak, kalau stok milik Pemkab sudah menipis dan tengah mengajukan pengiriman stok,” ujarnya.

Disinggung tentang jumlah sasaran untuk anak usia 6-11 tahun, Yunia mengaku saat ini tengah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan untuk sekolah umum. Selain itu, juga koordinasi dengan Kantor Kementerian Agama (Kemenag) yang menaungi untuk sekolah lainnya.

Yunia juga mengatakan, secara umum capaian vaksinasi di Kabupaten Sukoharjo terus naik meski perlahan. Pasalnya, untuk mencari peserta vaksinasi dosis 1 sudah susah. Berdasarkan data per 14 Desember 2021, capaian secara umum baru 78,06% dari target 719.754 sasaran dan khusus untuk lansia sudah 74,26% dari target 100.972 sasaran.

“Dengan capaian vaksinasi secara umum itu, maka Sukoharjo memenuhi syarat untuk menyelenggarakan vaksinasi untuk anak,” ujar Yunia. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *