Ragam  

Hingga Akhir 2023, Sukoharjo Ditarget 170.000 Orang Wajib Miliki KTP Digital

KTP Digital. (Foto: Dok Pemprov Jateng)

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Program KTP digital terus digenjot oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Sukoharjo. Untuk Kabupaten Sukoharjo, jumlah warga yang wajib memiliki KTP sekitar 680.000 orang. Untuk itu, pemerintah pusat menergetkan 25% atau 170.000 orang wajib memiliki KTP digital hingga akhir 2023 ini.


“Hingga awal Juni 2023, KTP digital di Sukoharjo baru tercapai 2%atau 15.000 orang. Pemenuhan target akan terus dikejar hingga akhir tahun ini,” ujar Kepala Dispendukcapil Sukoharjo, Budi Susetyo, Jumat (9/6/2023).

Menurut Budi, pemerintah pusat sejak awal sudah menetapkan target KTP digital disemua daerah termasuk di Provinsi Jawa Tengah sebesar 25% termasuk di Kabupaten Sukoharjo. Target tersebut harus dipenuhi di tahun 2023 ini.

Dispendukcapil Sukoharjo melakukan perhitungan diketahui ada 680.000 orang wajib memiliki KTP. Dari jumlah tersebut sesuai target 25% pusat diketahui ada 170.000 orang wajib memiliki KTP digital. Target tersebut baru terpenuhi 2% atau 15.000 orang.


“Kami akan memaksimalkan sisa waktu enam bulan kedepan sebelum akhir tahun 2023. Diharapkan ada penambahan signifikan jumlah warga yang sudah memiliki KTP digital,” ujar Budi.

“Sebenarnya ini cuma peralihan saja atau migrasi dari KTP manual cetak ke KTP digital atau elektronik. Kesadaran warga untuk migrasi tersebut masih rendah dan kami harus keras keras jemput bola dengan turun langsung mendatangi lokasi memberikan pelayanan,” sambungnya.

Untuk menambah jumlah pemilik KTP digital berbagai usaha telah dilakukan salah satunya dengan sosialiasi dan edukasi. Sasarannya ke lembaga atau kantor pemerintahan dan masyarakat umum. Hal ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman sekaligus meningkatkan pemahaman migrasi KTP manual cetak ke KTP digital online.


Budi mengatakan, perkembangan hingga awal Juni 2023 ini sudah ada 15.000 orang tercatat memiliki KTP digital. Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan pada Februari baru 9.000 orang dan Maret naik menjadi 12.000 orang. Kemudian pada Juni ini bertambah lagi 15.000 orang.

Instansi pemerintah menjadi sasaran utama pelaksanaan program KTP digital sesuai dengan kebijakan pusat. Dispendukcapil Sukoharjo sendiri terus bergerak melakukan jemput bola dengan menurunkan petugas memberikan pelayanan KTP digital. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *