Gaji Para Bintang Film: Dwayne Johnson USD22,5 Juta, Tom Cruise Terbang dengan USD100 Juta Lebih

Bintang “Top Gun: Maverick”, Tom Cruise. (Foto: Tangkapan layar Youtube)

Sukoharjonews.com – Tom Cruise mengambil biaya yang lebih rendah dimuka untuk membintangi dua film “Mission: Impossible” berikutnya. Menurut sumber, hal itu mengarah ke gaji yang sedikit dalam kisaran USD12 juta hingga USD14 juta, tetapi ia mendapatkan persentase yang signifikan dari film pertama. Artinya, Cruise mendapat bonus box office bahkan sebelum studio mencapai titik impas.


Dikutip dari Variety, Kamis (21/7/2022), dalam kasus “Top Gun: Maverick,” yang masih terbang tinggi di hampir USD1,2 miliar di box office global, sumber memperkirakan bahwa Cruise akan mendapatkan USD100 juta atau lebih dari penjualan tiket, gajinya, dan akhirnya pemotongan sewa hiburan rumah dan streaming.

“Saya tidak akan pernah bertaruh melawan Tom Cruise,” kata seorang eksekutif studio, mencatat bahwa Cruise adalah manusia super dalam hal merambah dunia mempromosikan filmnya (meskipun dia tidak melakukan wawancara cetak). “Sebagian besar aktor tidak sepadan dengan apa yang Anda bayarkan kepada mereka, tetapi Cruise dan mungkin Dwayne Johnson membenarkan gaji mereka.”

Namun, kesepakatan Cruise itu unik. Sebagian besar A-lister masih mendapat bayaran besar, dan banyak yang mendapatkan sebagian dari keuntungan, tetapi mereka hanya dapat mengakses kumpulan kekayaan setelah film diputar. Selama beberapa dekade, aktor terbesar di dunia mendapat USD20 juta. Angka itu berasal dari pembayaran Jim Carrey untuk “The Cable Guy” tahun 1996, dan itu adalah angka yang tampaknya kebal terhadap tekanan inflasi.


Perang streaming sangat bagus untuk keuntungan para bintang. Apple akan membayar Leonardo DiCaprio USD30 juta untuk bekerja sama kembali dengan Martin Scorsese di drama sejarah “Killers of the Flower Moon. Juga membayar USD30 juta kepada Brad Pitt karena berada di belakang kemudi drama Formula Satu yang saat ini belum diberi judul dari “Top Gun : Maverick” sutradara Joseph Kosinski dan USD35 juta untuk Will Smith karena tampil dalam film thriller budak melarikan diri “Emancipation.”

Tidak mau kalah, Netflix akan mengumpulkan USD20 juta untuk Chris Hemsworth dan USD10 juta untuk Millie Bobby Brown untuk mengulangi peran mereka dalam sekuel mendatang untuk “Ekstraksi” dan “Enola Holmes.”

Eksekutif studio mengakui bahwa pembayaran di Netflix, Apple, dan sejenisnya telah menyebabkan beberapa aktor menaikkan bayaran mereka. Johnson, misalnya, meminta dan menerima USD22,5 juta untuk memainkan peran utama dalam “Black Adam,” sebuah film superhero DC. Selain itu, ia akan menerima jutaan lebih untuk memproduksi film dan mendapatkan bayaran di atas itu untuk mempromosikan film di saluran media sosialnya.

Tapi hari gajian yang mencolok itu datang dengan peringatan. Apple telah memasukkan klausul dalam beberapa kontrak yang membuat bonus bergantung pada film yang datang tepat waktu dan sesuai anggaran. Dan semua streamer pada dasarnya membayar backend aktor. Itu menghilangkan risiko bahwa film mereka akan runtuh di box office, yang secara teoritis akan membuat mereka kehilangan semua bonus itu. Namun itu juga membatasi pendapatan potensial mereka.


Dalam kesuksesan, bintang menuai imbalan dengan cara lain. Jason Momoa memiliki opsi untuk tampil dalam sekuel “Aquaman” sebagai bagian dari kesepakatan awalnya, tetapi setelah film pertama mencapai USD1 miliar, ia menegosiasikan kembali perjanjiannya untuk menggandakan gajinya untuk membawa trisula sekali lagi.

Sekarang, Momoa akan menarik USD15 juta untuk perjalanan keduanya ke Atlantis. Hal yang sama berlaku untuk Joaquin Phoenix. Ketika dia pertama kali memerankan penjahat paling terkenal di Gotham di “Joker” 2019, Phoenix memperoleh USD4,5 juta. Film ini kemudian menghasilkan lebih dari USD1 miliar dan memberi aktor itu Oscar. Jika Warner Bros akan mengembalikan Phoenix dalam riasan badut, studio itu akan menelan biaya USD20 juta. (nano)

Berikut daftar 10 bintang film dengan gajinya:

1. Tom Cruise: USD100 juta (Top Gun: Maverick)
2. Will Smith: USD35 juta (Emancipation)
3. Leonardo DiCaprio: USD30 juta (Killers of the Flower Moon)
4. Brad PittL USD30 juta (Formula 1 Drama)
5. Dwayne Johnson: USD22,5 juta (Black Adam)
6. Will Ferrell: USD20 juta (Spirited)
7. Chris Hemsworth: USD20 juta (Extraction 2)
8. Vin Diesel: USD20 juta (Fast X)
9. Tom Hardy: USD20 juta (Venom 3)
10.Joaquin Phoenix: USD20 juta (Joker 2).


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *