Dua Kecamatan Klir, KPU Selesaikan Pleno Rekapitulasi Pilgub

KPU Sukoharjo menggelar Rapat Pleno Rekapitulasi Hasil Pilgub Jateng, Kamis (5/7).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Bermasalahnya rekapitulasi di dua kecamatan membuat Rapat Pleno Rekapitulasi Pilgub Jateng oleh KPU Sukoharjo molor, Kamis (5/7). Meski akhirnya dua kecamatan yang bermasalah, Grogol dan Kartasura klir, pleno tersebut baru selesai sore hari. Berdasarkan hasil pleno, perolehan suara paslon tidak jauh beda dengan hitung cepat C1 yang dilakukan KPU sebelumnya.



“Untuk PPK Grogol selesai setelah saksi diberi berita acara perubahan data. Yang untuk Kartasura memang yang paling lama karena rekapitulasi dilakukan per desa/kelurahan sesuai rekomendasi Panwaskab,” jelas Ketua KPU Sukoharjo Kuswanto.

Menurutnya, untuk PPK Kartasura, KPU harus membaca ulang rekapitulasi di tingkat PPS atau desa/kelurahan. Pasalnya, dalam proses rekapitulasi di tingkat PPK dinilai menyalahi ketentuan. Agar semuanya transparan, KPU pun mengulang rekapitulasi tingkat PPS di Kartasura dan dibaca secara utuh. Termasuk berapa surat suara yang rusak, suara sah dan lain sebagainya.

“Akhirnya semua terselesaikan. Untuk kecamatan Grogol dan Kartasura memang dilakukan diakhir karena ada sedikit masalah,” ujar Kuswanto.

Berdasarkan hasil akhir pleno, pasangan Ganjar Pranowo-Taj Yasin keluar sebagai pemenang. Pasangan nomor urut satu tersebut meraih suara sebanyak 270.243. Sedangkan perolehan suara untuk pasangan nomor urut dua, Sudirman- Ida sebanyak 196.535 suara. Untuk jumlah suara sah sebanyak 446.778, suara tidak sah sebanyak 16.623. Sedang total suara sah dan tidak sah sebanyak 483.401.

“Setelah pleno ini selesai, hasilnya akan kami kirim ke KPU Provinsi yang menurut rencana menggelar pleno pada 9 Juli nanti,” tambah Kuswanto. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *