Cek Kondisi, Polres Apelkan Alutsista dan Almatsus

Kapolres Sukoharjo AKBp Iwan Satiadi mengecek satu persatu kondisi Alutsista dalam apel yang digelar di Alun-Alun Satya Negara, Rabu (18/10) tadi.

Sukoharjonews.com – Menjelang pelaksanaan Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2018, Polres Sukoharjo mengapelkan alat utama sistem persenjataan (Alutsista) dan alat material khusus (Almatsus), Rabu (18/10). Apel digelar di Alun-Alun Satya Negara dengan menghadirkan seluruh Alutsista yang dimiliki Polres.

“Kami ingin mengetahui jauh-jauh hari kondisi Alutsista menghadapi Pilgub 2018. Jangan sampai ketika dibutuhkan justru mengalami kerusakan,” tandas Kapolres Sukoharjo AKBP Iwan Saktiadi.

Dengan apel ini, lanjutnya, POlres tentunya mengetahui kondisi Alutsista dan Almatsus yang ada. Terlebih lagi, agenda “urgent” segera tiba, yakni Pilgub 2018. Setelah apel tersebut, dalam waktu dekat Polres juga akan menggelar simulasi pengamanan kota (Sispamkota) sekaligus simulasi tanggap bencana. Rencananya, simulasi tanggap bencana nanti juga akan melibatkan elemen masyarakat yang lain seperti SAR dan juga Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).

Dikatakan Kapolres, semua Alutsista dan Almatsus yang dimiliki harus dihadirkan. Satu persatu alat yang ada dicek untuk mengetahui kondisinya dan diharapkan tidak ada yang rusak sama sekali. Kalaupun ada alat rusak, petugas harus melakukan perbaikan hingga alat berfungsi kembali.

“Dari pengecekan tadi, semua senjata api masih berfungsi dengan baik. Sebelumnya juga sudah dicoba untuk latihan menembak,” ungkapnya.

Hanya saja, Kapolres juga menyebutkan jika fasilitas mobil disertai lampu sorot sempat ngadat ketika dicoba karena lampu tidak mau menyala. Namun, petugas lantas melakukan perbaikan di tempat hingga lampu bisa menyala dengan baik. Kapolres meminta apapun alatnya meski jarang digunakan tetap harus bisa berfungsi.

“Petugas yang bertanggungjawab pada alat harus paham dengan alat yang dipegangnya. Jangan sampai tidak tahu,” tandasnya.

Kapolres juga berpesan agar petugas tidak lengah meski saat ini situasinya landai-landai saja. Menurutnya, situasi yang landai tetap harus diwaspadai. Petugas beserta Alutsista yang dimiliki tetap harus siap. Untuk itulah digelar apel Alutsista dan Almatsus tersebut.

Kasubag Humas Polres Sukoharjo AKP Joko Sugiyanto menambahkan, seluruh Alutsista dan Almatsus yang ada diapelkan. Baik itu senjata api, “gun paper”, pelontar bola, gas air mata, dan lainnya. Dalam kesempatan itu seluruh kendaraan juga ikut diapelkan seperti “water canon”, motor trail, dan lainnya. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.