Cara Agar Lebih Bersyukur kepada Allah

Cara agar tambah bersyukur kepada Allah.(Foto: dream)

Sukoharjonews.com – Allah SWT merupakan dzat yang paling berkuasa dan paling besar, yang memberikan kita nikmat tak terhingga. Sebab itulah, sebagai umat-Nya, kita harus selalu bersyukur kepada Allah SWT. Bersyukur dalam Islam merupakan salah satu bentuk terima kasih atas segala nikmat, rezeki, kehidupan, kesulitan, dan kebahagiaan yang Anda terima. Lalu, bagaimana cara agar lebih bersyukur kepada Allah atas segala pemberian dan nikmat yang telah diberikan?


Dikitip dari Cahaya Islami, pada Minggu (26/5/2024), berikut cara agar lebih bersyukur kepada Allah:

1. Selalu Berterimakasih kepada Orang lain
Cara bersyukur kepada nikmat Allah yang pertama adalah dengan berterimakasih kepada orang lain. Bukan tanpa sebab, tidak jarang manusia adalah perantara sampainya nikmat Allah SWT.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda mengucapkan terimakasih atas segala nikmat sekecil apapun yang diberikan melalui manusia. Dalam sebuah hadist, Nabi Muhammad SAW bersabda,

لا يشكر الله من لا يشكر الناس

“Orang yang tidak berterima kasih kepada manusia, berarti ia tidak bersyukur kepada Allah” (HR. Tirmidzi no.2081, ia berkata: “Hadits ini hasan shahih”).


2. Berdzikir
Cara bersyukur kepada Allah yang benar berikutnya adalah dengan berdzikir dan memuji Allah SWT. Ada sejumlah dzikir yang Nabi Muhammad SAW ajarkan untuk mengungkap rasa syukur kepada Allah SWT. Salah satunya terdapat dalam hadits,

من قال حين يصبح: اللهم ما أصبح بي من نعمة أو بأحد من خلقك فمنك وحدك لا شريك لك، فلك الحمد ولك الشكر. فقد أدى شكر يومه، ومن قال ذلك حين يمسي فقد أدى شكر ليلته

“Barangsiapa pada pagi hari berdzikir: Allahumma ashbaha bii min ni’matin au biahadin min khalqika faminka wahdaka laa syariikalaka falakal hamdu wa lakasy syukru.”

(Ya Allah, atas nikmat yang Engkau berikan kepada ku hari ini atau yang Engkau berikan kepada salah seorang dari makhluk-Mu, maka sungguh nikmat itu hanya dari-Mu dan tidak ada sekutu bagi-Mu. Segala pujian dan ucap syukur hanya untuk-Mu)

Maka ia telah memenuhi harinya dengan rasa syukur. Dan barangsiapa yang mengucapkannya pada sore hari, ia telah memenuhi malamnya dengan rasa syukur” (HR. Abu Daud no.5075, dihasankan oleh Syaikh Abdul Qadir Al-Arnauth dalam tahqiqnya terhadap kitab Raudhatul Muhadditsin).


3. Bersyukur dengan Hati
Cara lainnya adalah bersyukur dengan hati. Adapun bersyukur dengan hati bisa dilakukan dengan sadar secara penuh bahwa semua nikmat berasal dari Allah SWT. Selain itu, pahami juga bahwa rezeki yang Anda dapatkan semata-mata karunia dan kemurahan dari Allah SWT.

وَمَا بِكُم مِّن نِّعْمَةٍ فَمِنَ ٱللَّهِ ۖ ثُمَّ إِذَا مَسَّكُمُ ٱلضُّرُّ فَإِلَيْهِ تَجْـَٔرُونَ

Artinya: “Segala nikmat yang ada pada kamu (berasal) dari Allah. Dan bila kamu ditimpa oleh kemudharatan, maka hanya kepada-Nya lah kamu meminta pertolongan.” (QS An-Nahl: 53).

Bersyukur dengan hati yang ikhlas juga dapat membuat seseorang bersikap menerima karunia Allah SWT tanpa rasa kecewa. Orang yang dapat menerima ketetapan Allah SWT dengan ikhlas tentu akan merasa cukup di dalam hidupnya.

Itulah beberapa cara bersyukur kepada Allah yang bisa Anda pahami dan praktekkan sekarang juga. Syukurilah nikmat apapun itu agar Allah SWT menambah semua nikmat dan karunia-Nya. Niscaya, dengan begitu Anda akan berbahagia dunia dan akhirat.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *