Ragam  

Bupati Sidak Operasional Mal, Ternyata Begini Teknis Masuk Mal

Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama pejabat Forkopimda saat sidak operasional mal terkait prokes, Sabtu (28/8/2021).

Sukoharjonews.com (Grogol) – Ujicoba pengoperasian mal mendapat perhatian Bupati Sukoharjo dengan melakukan inspeksi mendadak (sidak), Sabtu (28/8/2021). Sidak dilakukan bersama pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda). Turut hadir dalam sidak Wakil Bupati, Agus Santosa dan Sekda Widodo.




“Hari ini bersama Forkopimda melakuakan sidak terkait ujicoba pengoperasian mal. Kami mendatangi The Park Mal dan Hartono Mal untuk melihat secara langsung terkait bagaimana prosedur dan penerapan protokol kesehatan (prokes) di mal,” ujar Bupati Sukoharjo, Etik Suryani.

Dikatakan Etik, dari pemantauan di dua mal tersebut prokesnya sudah berjalan dengan baik. Pihak mal sendiri juga belum membuka semua pintu untuk memudahkan pemeriksaan prokes. Di pintu masuk ditempatkan petugas yang melakukan pemeriksaan melalui aplikasi PeduliLindungi.

“Jadi pengunjung yang masuk scan barcode yang sudah disiapkan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Kalau yang tidak bisa scan barcode bisa menunjukkan sertifikat vaksin,” terang Bupati.

Dikatakan Etik, tidak semua masyarakat punya handphone yang bisa instal aplikasi tersebut. Sebagai solusinya, masyarakat cukup menunjukkan sertifikat vaksin yang dimiliki untuk bisa masuk mal. “Dengan prokes dan prosedur yang ketat ini diharapkan tidak muncul klaster baru di lingkungan mal,” kata Etik.

Dengan ujicoba pengoperasian mal diharapkan roda perekonomian masyarakat kembali berjalan. Usaha yang ada di dalam mal juga bisa dibuka kembali sehingga ekonomi bisa pulih secara perlahan-lahan. Untuk mal sendiri, sesuai aturan hanya diperbolehkan dengan kapasitas 50% dari total kapasitas mal.

Jubir Satgas Penanganan Corona Sukoharjo, Yunia Wahdiyati menyampaikan, saat ini perkembangan kasus positif corona di Sukoharjo sudah mulai landai. Bahkan, saat ini Sukoharjo sudah turun ke zona orange atau tingkat risiko penularan corona sedang. Meski begitu, masyarakat tetap diminta disiplin dalam menerapkan prokes.

“Saat ini tingkat keterisian tempat tidur untuk isolasi dan ICU juga sudah turun. Semoga kondisi ini terus berlanjut,” ujar Yunia. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *