Buah untuk Menurunkan Berat Badan

buah untuk menurunkan berat badan.(Foto: gettyimagee)

Sukoharjonews.com – Buah-buahan memberikan nilai gizi yang tinggi, dan penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi buah setiap hari dapat membantu menurunkan berat badan.


Dilansir dari verywellhealth, Sabtu (25/5/2024), Karena buah-buahan kaya akan serat dan air, buah-buahan membantu Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi kemungkinan makan berlebihan. Grapefruit, apel, alpukat, dan semangka adalah beberapa buah terbaik untuk mendukung rencana penurunan berat badan.

Buah-buahan kaya akan antioksidan , vitamin, mineral, dan serat, yang baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Umumnya mengandung 80% hingga 90% air. Gula alami dalam buah-buahan dapat membantu memuaskan hasrat manis , sementara serat meningkatkan kesehatan pencernaan. Kandungan serat dan air yang tinggi membantu Anda merasa kenyang, sehingga kemungkinan besar Anda akan makan lebih sedikit.

Banyak buah-buahan yang dipromosikan sebagai “ makanan super ,” atau makanan kaya nutrisi, karena dapat mempengaruhi kesehatan dan pencegahan penyakit dengan cara yang positif.Makanan ini harus menjadi bagian dari diet seimbang yang mencakup berbagai buah-buahan, sayuran, biji-bijian, produk susu, dan protein tanpa lemak.


Buah-buahan Lebih Rendah Indeks Glikemiknya
Indeks glikemik (GI) mengukur seberapa cepat karbohidrat dipecah dan mempengaruhi kadar glukosa (gula) darah. Makanan GI tinggi dicerna dengan cepat dan cenderung meningkatkan gula darah.Makanan dengan GI rendah, seperti buah-buahan , dicerna dengan lambat, sehingga membantu mencegah lonjakan gula darah dan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Buah dengan GI rendah cenderung rendah kalori dan tinggi serat serta air, yang dapat membantu pengelolaan berat badan. Beberapa di antaranya adalah:

Grapefruit : Setengah jeruk bali memiliki 53 kalori, 12 gram (g) gula, hampir 2 g serat, dan 91% air. Penelitian menunjukkan makan jeruk bali segar dapat membantu menurunkan berat badan.

Apel : Apel berukuran sedang memiliki 95 kalori, 19 g gula, dan 3 g serat.Makanan tinggi serat dan rendah GI seperti apel dapat mengurangi lonjakan gula darah dan membantu mengatur berat badan.


Alpukat : Alpukat berukuran sedang memiliki sekitar 240 kalori.Namun alpukat memiliki kandungan gula yang sangat sedikit, hanya sekitar 0,4 g per buah.Makan alpukat secara teratur dikaitkan dengan penurunan prevalensi kelebihan berat badan dan membantu mengurangi penambahan berat badan.

Pir : Pir berukuran sedang memiliki 100 kalori, 17 g gula, dan 5,5 g serat.Makanan ini termasuk makanan tinggi serat dan rendah GI terbaik untuk mencegah lonjakan gula darah dan penambahan berat badan.

Raspberry : Secangkir raspberry memiliki sekitar 64 kalori, 5 g gula, 8 g serat, dan sekitar 86% air. Raspberry, mentah .

Kombinasi tinggi serat dan rendah kalori membantu mengendalikan rasa lapar dan berat badan.(patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *