Baik untuk Rambut, Ini Manfaat Jus Seledri

Manfaat jus seledri untuk rambut.(Foto: alodokter)

Sukoharjonews.com – Jus seledri adalah jus hijau yang mendapatkan popularitas selama bertahun-tahun. Ini dipandang sebagai makanan super yang penuh dengan nutrisi penting dan antioksidan kuat. Banyak orang mengklaim hal itu dapat meningkatkan kesehatan.


Dilansir dari Pharmeasy, Selasa (28/5/2024), Jus seledri menggunakan batang seledri yang dicampur dengan air, mengandung nutrisi penting dan antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan.

Jus seledri kaya akan vitamin, mineral, dan bahan kimia tumbuhan yang bermanfaat. Bersama-sama, mereka dapat membantu meningkatkan kesejahteraan fisik dan mental.

Vitamin dan mineral
Jus seledri merupakan sumber mikronutrien utama yang sangat baik, yaitu sebagai berikut.

-Vitamin A baik untuk penglihatan dan fungsi kekebalan tubuh.
-Vitamin C adalah antioksidan yang mendukung produksi kolagen dan membantu penyembuhan luka.
-Vitamin K diperlukan untuk pembekuan darah dan kesehatan tulang.
-Folat adalah kunci untuk sintesis DNA dan pembelahan sel.
-Kalium dan natrium mengatur keseimbangan cairan, sinyal saraf, dan kontraksi otot.
-Kalsium diperlukan untuk tulang yang kuat dan fungsi saraf yang baik.
-Tubuh mampu menyerap nutrisi dari jus seledri dengan mudah.


Manfaat Kesehatan Jus Seledri
Ingin tahu apa manfaat jus seledri? Nah, jus seledri kaya akan nutrisi yang kita tahu dapat meningkatkan kesehatan. Mari kita selidiki beberapa manfaat jus seledri yang didukung ilmu pengetahuan.

1. Hidrasi Alami
Karena sebagian besar mengandung air, jus seledri adalah minuman hidrasi yang sangat baik. Hidrasi yang baik sangat penting untuk kesehatan yang baik, membantu mengatur suhu tubuh, tekanan darah, fungsi otak, pembuangan limbah, dan kesehatan ginjal. Memilih jus seledri daripada minuman manis dapat membantu meningkatkan hidrasi dan kesehatan secara umum.

2. Kandungan Kalori dan Gula Rendah
Dibandingkan dengan banyak jus buah, jus seledri relatif rendah kalori dan gula. Karakteristik ini menjadikannya pilihan yang lebih cocok bagi mereka yang ingin menjaga berat badan yang sehat dan mengatur kadar gula darah. Memilih minuman rendah kalori dan rendah gula dapat membantu meningkatkan kualitas makanan secara keseluruhan dan mendukung asupan nutrisi yang lengkap.


3. Sifat Anti-inflamasi
Jus seledri mengandung antioksidan kuat seperti apigenin dan luteolin, yang terbukti memiliki efek antiinflamasi yang kuat. Senyawa ini berfungsi mengurangi peradangan dalam tubuh, yang mungkin bermanfaat bagi individu dengan kondisi peradangan kronis seperti radang sendi, asma, atau bahkan penyakit neurodegeneratif.

4. Peradangan dan Alergi
Dokter Anda mungkin meresepkan obat untuk meringankan gejala, namun memasukkan makanan anti-inflamasi seperti seledri ke dalam makanan Anda dapat memberikan bantuan tambahan.

Sebuah studi pada tikus tahun 2017 menemukan bahwa luteolin, senyawa yang ditemukan dalam jus seledri, secara efektif dapat mengurangi peradangan dan menurunkan respons alergi. Meskipun penelitian lebih lanjut pada manusia diperlukan, hasil ini menunjukkan bahwa jus seledri terbukti membantu dalam memerangi peradangan dan kondisi terkait alergi.

5. Semoga membantu mengatasi Arthritis
Apigenin, senyawa lain dalam jus seledri berpotensi mengurangi gejala radang sendi pada penelitian pada hewan. Meskipun penelitian lebih lanjut diperlukan untuk memastikan efektivitasnya pada manusia, tampaknya sifat anti-inflamasi jus seledri dapat membantu penderita arthritis dan penyakit inflamasi lainnya. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *