Awas, DBD Sudah Menyerang 107 Orang di Sukoharjo

Ilustrasi

Sukoharjonews.com – Sedikitnya 107 orang terserang penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) sepanjang perjalanan tahun 2017 ini. Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, Bejo Raharjo mengatakan, berdasarkan data per september 2017, penderita penyakit yang ditularkan nyamuk ‘aedes aegypti’ itu mencapai 107 orang.

Menurutnya, jumlah teresebut cenderung menuru dibanding catatan tahun lalu yang tercatat mencapai 526 penderita dan 13 orang diantaranya meninggal dunia. Meski demikian, pihaknya tetap mengimbau masyarakat untuk selalu menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan rutin melakukan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Mengingat, beberapa hari terakhir sering turun hujan yang sangat mendukung perkembangbiakan nyamuk. “Kami juga terus melakukan pengawasan di wilayah endemis DBD. Ada relawan yang memantau jentik-jentik nyamuk. Ada lima orang yang mengawasi 50 rumah di setiap wilayah endemis,” kata Bejo, Senin (2/10).

Bejo menyarankan jika mengalami gejala DBD seperti panas tinggi untuk segera memeriksakan diri ke dokter. Namun, dia berpesan untuk tidak melakukan ‘shopping’ dokter atau ‘gonta-ganti’ dokter. Sebab, penderita DBD yang meninggal duni lebih dilatarbelakangi berpindah-pindah dokter.

Mengingat, dokter butuh waktu untuk mendiagnosis penyakit yang diderita setiap pasien. Dokter butuh evaluasi gejala dan hasil uji lab untuk memastikan diagnosis yang tepat sehingga penangannya juga tepat. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.