5 Manfaat Sehat Rutin Konsumsi Jus Jeruk Segar untuk Tubuh

Manfaat konsumsi jeruk segar. (Foto: getty images)

Sukoharjonews.com – Jus jeruk menjadi salah satu minuman sehat yang digemari oleh banyak orang. Selain rasanya yang nikmat dan segar, jus jeruk juga cocok sebagai teman mengonsumsi makanan apapun. Baik makanan ringan, hingga makan berat sekalipun.


Dilansir dari detikFood, Jum’at (2/6/2023), jus jeruk segar juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh, ini dia deretan manfaat rutin mengonsumsi jus jeruk segar bagi kesehatan. Yuk simak informasi selengkapnya berikut ini.

1. Berperan Sebagai Zat Anti-inflamasi
Rutin mengonsumsi jus jeruk segar dapat membantu mencegah peradangan. Lauren Manaker, selaku ahli diet mencatat bahwa mengkonsumsi jus jeruk memiliki efek menguntungkan pada beberapa penanda stres oksidatif dan inflamasi (peradangan).

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition mengatakan bahwa orang dewasa non-obesitas dengan peningkatan risiko kardiovaskular yang minum 500 mililiter jus jeruk selama 12 minggu mengalami lebih sedikit peradangan. Hal ini berbanding terbalik dengan mereka yang tidak menggunakan jus jeruk.


2. Menurunkan Berat Badan
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jus jeruk mampu menurunkan berat badan. Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam BMC Nutrition Journal menemukan bahwa orang yang rutin mengonsumsi jus jeruk tidak hanya memiliki kualitas diet yang lebih baik secara keseluruhan, tetapi juga memiliki risiko obesitas yang lebih rendah.

Seorang ahli diet, Lauren Manaker mengatakan bahwa selama tidak ada tambahan gula dan jusnya terbuat dari jeruk asli, ini bisa menjadi tambahan yang sehat untuk diet seimbang.


3. Mengurangi Kolesterol
Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Agricultural and Food Chemistry mengatakan bahwa jus jeruk memiliki manfaat dalam hal menurunkan kolesterol. Studi tersebut menemukan bahwa subjek yang mengonsumsi 236 mililiter jus jeruk yang tidak diperas selama periode tiga minggu mengalami penurunan rasio LDL terhadap kolesterol HDL.

Studi lain menemukan bahwa flavonoid dalam jus jeruk efektif menurunkan kolesterol total dan LDL pada orang dengan kolesterol tinggi.

4. Membersihkan Kulit
Dilansir dari Conserve Energy Future, vitamin C dan E dalam jeruk membantu meregenerasi sel-sel kulit. Hal ini membantu mengurangi jaringan parut yang disebabkan oleh komedo dan bintik-bintik. Khasiat ini dapat mengurangi efek sengatan matahari dengan cara memperbaiki sel-sel yang rusak.

Mengonsumsi jus jeruk membantu kulit lebih cepat sembuh saat rusak tidak terlalu parah. Jeruk juga mengandung asam askorbat, komponen kolagen yang membantu meremajakan sel dan mendorong pertumbuhan jaringan dalam tubuh. Dengan dua nutrisi tersebut, jus jeruk dapat membantu melawan penyakit serta menjaga kesehatan.


5. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan
Asupan cairan yang sehat adalah kunci untuk proses pencernaan yang teratur. Selain menyediakan air, jeruk juga tinggi serat lho! Jeruk ukuran kecil mengandung 3 gram serat, 2/3 diserap di jaringan tubuh kita. Sisanya tetap berada di sistem pencernaan kita, yang berfungsi sebagai pembersih usus besar.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jus jeruk setiap hari harus ditingkatkan secara bertahap, tidak secara mendadak. Sebab, dapat menyebabkan lonjakan serat yang mengundang diare.(cita septa)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *