25 Band Pelajar Menghentak Alun-Alun Sukoharjo

Salah satu peserta Festival Musik Pelajar di Alun-Alun Sukoharjo tengah unjuk kebolehan di depan juri. Festival tersebut diikuti 25 grup band pelajar se-Sukoharjo.

Sukoharjonews.com – Suara musik yang menggelegar langsung terdengar begitu memasuki kawasan Alun-Alun Sukoharjo, Minggu (26/11) pagi. Bersamaan dengan event “Car Free Day” (CFD), sebuah event musik digelar oleh Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Disdikbud). Event tersebut adalah “Festival Band Pelajar”.

“Total ada 25 grup band pelajar yang yang ikut festival. Festival ini untuk tingkat SMA/SMK,” ujar Kabid Kebudayaan Disdikbud Sukoharjo Siti Laila.

Dikatakan Siti, event musik tersebut mengusung konsep nasionalisme dengan tema “Saya Indonesia Saya Pancasila”. Menuutnya, dengan kegiatan tersebut diharapkan bisa meningkatkan rasa kebanggaan dan cinta tanah air, melatih disiplin dan tanggung jawab serta kebersaman. Selain itu, juga diharapkan mampu mengembangkan nilai positif, mengembangkan rasa kebangsaan, serta memumbuhkan seni musik di kalangan pelajar.

“Event ini juga bisa dijadikan sarana oleh generasi muda untuk berkreasi dan berprestasi di bidang seni musik,” ujarnya.



Sedangkan Kepala Disdikbud Sukoharjo Darno mengatakan, selama ini jarang terdengar ada kegiatan festival musik pelajar di Sukoharjo. Untuk itu, Disdikbud pun memulainya dengan menggelar festival band pelajar. Sehingga, para pelajar Sukoharjo tidak harus ke luar daerah untuk bisa mengikuti festival band.

Dikatakan mantan Kepala SMAN I Sukoharjo tersebut, sebelumnya Disdikbud juga telah menggelar sejumlah lomba. Seperti Lomba Karawitan, Lomba Dolanan Anak, dan lainnya. Dengan kegiatan festival musik tersebut diharapkan generasi muda utamanya pelajar memiliki kegiatan positif. Dengan begitu, pelajar tidak akan terjerumus ke hal-hal negatif seperti narkoba.

“Gerenasi muda harus memiliki kompetensi sehingga bisa bersaing dengan yang lain. Generasi muda saat ini merupakan penerus pemimpin bangsa,” ujarnya.

Darno juga mengatakan, dinas masih memiliki sejumlah agenda lomba lain yang akan digelar di bulan Desember mendatang. Antara lain lomba drumband anak serta lomba tarik untuk siswa SMA/SMK. Darno menilai, dengan digelarnya lomba-lomba tersebut diharapkan siswa semakin bersemangat untuk berlatih.

Sementara itu, dari pantauan di lokasi, event Festival Band Pelajar tersebut cukup menarik pengunjung CFD. Terbukti, event musik tersebut dipenuhi masyarakat yang ingin menyaksikan event tersebut. Selain pengunjung CFD, event juga dihadiri oleh siswa sekolah pendukung grup band yang ikut festival. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *