Xiaomi 12S Ultra vs Xiaomi 11 Ultra: Perbandingan Spesifikasi, Mana Lebih Baik?

Xiaomi 12S Ultra vs Xiaomi 11 Ultra. (Foto: Gizmochina)

Sukoharjonews.com – Xiaomi baru saja menghadirkan smartphone kelas atas unggulan seri Ultra: Xiaomi 12S Ultra. Perangkat Ultra terbaru dari Xiaomi memulai debutnya lebih dari setahun yang lalu, yakni Xiaomi Mi 11 Ultra secara resmi diumumkan pada Maret 2021 dan sudah ada penggantinya. Unggulan baru ini juga merupakan ponsel pertama dari merek tersebut setelah awal kerjasamanya dengan Leica: salah satu merek terpenting di dunia fotografi.


Dikutip dari Gizmochina, Kamis (7/7/2022), tetapi jika kita mengecualikan kamera, apa lagi yang berbeda antara flagship baru dan yang lebih lama? Apakah layak menghabiskan lebih banyak untuk 12S atau pendahulunya masih merupakan pilihan bagus yang tersedia dengan harga yang sangat menarik? Perbandingan antara spesifikasi Xiaomi 12S Ultra dan Xiaomi Mi 11 Ultra ini akan memberi Anda jawabannya.

Desain
Xiaomi 12S Ultra adalah ponsel yang sangat cantik. Desainnya mengingatkan saya pada kamera Leica asli berkat modul kameranya yang besar dan bulat, serta bagian belakang kulitnya yang luar biasa. Ini jelas lebih menarik daripada pendahulunya berkat punggung kulitnya dan meskipun menampilkan bahan yang mengesankan.

Ponsel ini tahan air dengan sertifikasi IP68 yang memungkinkan Anda untuk meletakkannya di bawah air hingga kedalaman 1,5 meter untuk waktu maksimal 30 menit. Selain bagian belakang berbahan kulit, terdapat bingkai yang terbuat dari aluminium dan bagian depan kaca yang dilindungi oleh Gorilla Glass Victus.

Xiaomi Mi 11 Ultra tidak memiliki peluang melawan model baru, tetapi dibuat dengan bagian belakang keramik, bahan yang sangat premium, dan bingkai aluminium.


Display
Xiaomi 12S Ultra membawa peningkatan yang menarik dalam hal tampilan, meskipun memiliki panel 6,73 inci yang lebih kecil dibandingkan pendahulunya. Layar ini merupakan panel AMOLED dengan diagonal 6,73 inci, resolusi Quad HD+ 1440 x 3200 piksel, satu miliar warna, kecepatan refresh 120 Hz (kecepatan refresh adaptif dari 1 hingga 120 Hz), sertifikasi HDR10+, Dolby Vision, perlindungan Gorilla Glass Victus oleh Corning, dan pembaca sidik jari dalam layar.

Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki spesifikasi yang hampir sama, tetapi tanpa teknologi LTPO 2.0 dan dengan diagonal 6,81 inci yang lebih besar. Namun, Xiaomi Mi 11 Ultra memenangkan perbandingan tampilan karena menambahkan tampilan sekunder di sisi belakang yang dapat digunakan untuk menghemat energi atau untuk mengambil foto selfie dengan kamera belakang. Ini adalah fitur mengesankan yang jarang Anda temukan di ponsel lain, jadi layak untuk disebutkan.

Spesifikasi & Perangkat Lunak
Xiaomi 12S Ultra dilengkapi dengan departemen perangkat keras yang unggul. Pertama-tama, ia ditenagai oleh platform seluler Snapdragon 8+ Gen 1: chipset yang dibangun pada 5 nm dengan frekuensi maksimum 3,19 GHz dan arsitektur octa-core. Ini adalah chipset yang lebih baik daripada Snapdragon 888 yang ditemukan pada Mi 11 Ultra dan dipasangkan dengan RAM hingga 12 GB dan penyimpanan internal UFS 3.1 hingga 512 GB.

Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki konfigurasi yang sama tetapi dengan chipset yang lebih lemah. Xiaomi 12S Ultra juga memenangkan perbandingan perangkat lunak karena menjalankan Android 12 out of the box alih-alih Android 11, sehingga akan mendapatkan dukungan perangkat lunak yang lebih lama.


Kamera
Xiaomi 12S Ultra adalah ponsel kamera yang lebih baik tidak hanya berkat kerja sama dengan Leica tetapi juga karena memiliki perangkat keras kamera yang unggul. Kamera utamanya adalah sensor 50,3 MP dengan OIS dan aperture fokus f/1.9. Dipasangkan dengan sensor periskop 48 MP dengan zoom optik 5x, kamera ultrawide 48 MP, dan sensor TOF 3D untuk penghitungan kedalaman.

Xiaomi Mi 11 Ultra memiliki kamera utama 50 MP dengan aperture fokus f/2.0 yang lebih gelap, sensor periskop yang sama, dan kamera ultrawide yang sama, tetapi tidak memiliki sensor TOF 3D dan dilengkapi dengan kamera depan yang lebih rendah (20 MP vs. 32MP).

Baterai
Xiaomi Mi 11 Ultra memenangkan perbandingan baterai karena memiliki baterai yang lebih besar dengan kapasitas 5000 mAh dan karena fitur kecepatan pengisian nirkabel yang lebih cepat berkat daya 67W. Namun, Anda harus memperhatikan bahwa 12S Ultra memiliki chipset yang lebih efisien dan layar yang lebih kecil, sehingga masa pakai baterainya bisa lebih baik dalam beberapa skenario, meskipun memiliki baterai yang lebih kecil.

Harga
Saat ini Anda dapat menemukan Xiaomi 12S Ultra dengan harga sekitar 1.200 dollar AS atau sekitar Rp17,8 jutaan sedangkan Xiaomi Mi 11 Ultra tersedia dengan harga 649 dollar AS atau sekitar Rp9,6 jutaan berkat harga jalanan online. Secara alami, 12S memenangkan perbandingan, tetapi Mi 11 Ultra memiliki nilai uang yang jauh lebih tinggi.


Xiaomi 12S Ultra vs Xiaomi Mi 11 Ultra: Kelebihan dan Kekurangan

Xiaomi 12S Ultra

Kelebihan
– Chipset yang lebih baik
– Kamera superior
– Desain yang bagus
– Tampilan superior
– Android 12 di luar kotak

Kekurangan
-Baterai lebih kecil

Xiaomi Mi 11 Ultra

Kelebihan
– Tampilan belakang sekunder
– Baterai lebih besar
– Kecepatan pengisian nirkabel lebih cepat
– Lebih terjangkau

Kekurangan
– Chipset lebih rendah. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *