Waspada, Kenali Ciri-ciri Anda Kecanduan Gadget

Ciri kecanduan gadget. (Foto: pragativagi)

Sukoharjonews.com – Sebagian besar orang kini telah memanfaatkan gadget (gawai) sebagai pendukung aktivitasnya sehari-hari. Namun, dibalik beragam manfaatnya, gadget juga berpotensi membawa dampak buruk, salah satunya kecanduan gadget.


Dilansir dari Siloam Hospital, pada Rabu (12/4/2023), seseorang dikatakan pecandu gadget ketika menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain gadget. Kondisi ini disebut juga dengan nomophobia (no mobile phobia), yaitu ketakutan untuk beraktivitas sehari-hari tanpa gadget atau berada jauh dari ponselnya. Berikut ciri-ciri kecanduan gadget:

1. Tidak Ingin Melakukan Aktivitas Lain
Salah satu dampak kecanduan gadget adalah tidak tertarik terhadap aktivitas lain, selain bermain gadget. Orang dalam kondisi ini sering kali berpikir bahwa mereka harus melepaskan gadget saat menjalani aktivitas lain. Itulah sebabnya mereka enggan melakukan aktivitas lain, misalnya membersihkan rumah.


2. Lebih Sering Berada di Rumah
Seseorang yang lebih banyak menghabiskan waktunya menyendiri di rumah atau kamar untuk bermain gadget bisa menjadi tanda-tanda awal kecanduan. Orang dengan kondisi ini umumnya enggan ke luar rumah atau bahkan tidak memiliki keinginan untuk melakukan aktivitas lain.

3. Merasa Gelisah Jika Tidak Menggunakan Gadget
Seseorang yang kecanduan terhadap gadget cenderung bersikap agresif. Dalam hal ini, mereka akan merasa gelisah jika tidak ada gadget dalam genggamannya. Bahkan, pada beberapa kasus, mereka bisa merasa marah ketika gadget terlepas dari genggamannya.


4. Bermain Gadget di Setiap Waktu Luang
Ketika sedang memiliki waktu luang, sekalipun hanya sebentar, orang yang kecanduan lebih memilih untuk bermain gadget. Tidak terkecuali di waktu-waktu tertentu, seperti sedang mengantri, menunggu makanan, atau berada dalam perjalanan.

5. Sulit Tidur di Malam Hari
Perlu diketahui bahwa paparan blue light dari gadget dapat memengaruhi durasi dan kualitas tidur. Ketika seseorang kecanduan pada gadget, mereka cenderung kesulitan untuk tidur bahkan mengalami insomnia karena terbiasa bermain gadget sebelum tidur.


6. Sulit Berkonsentrasi di Sekolah atau Tempat Kerja
Jika sudah berlangsung cukup lama, kecanduan gadget bisa memengaruhi konsentrasi seseorang di sekolah maupun tempat kerja. Bahkan, tak jarang anak-anak yang kecanduan terhadap gadget mengalami penurunan prestasi di sekolahnya.

Perlu diingat, kecanduan gadget juga bisa mengalami perubahan psikologis, seperti mudah merasa cemas, sering merasa bersalah, sering bohong, dan merasa kesepian. Tak jarang juga mereka lebih mengisolasi dirinya dan enggan beraktivitas di luar rumah. (patrisia argi)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *