Warga Ngadirejo Bersikukuh Tolak Tower, Mediasi Deadlock

Satpol PP menggelar pertemuan mediasi antara warga Kauman RT 04/09, Desa Ngadirejo dengan pemilik tower, Kamis (2/2). Pertemuan itu sendiri berakhir deadlock.

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) – Warga Dukuh Kauman RT 04/09, Kelurahan Ngadirejo, Kartasura tetap bersikukuh menolak perpanjangan izin tower telekomunikasi yang ada di kampung tersebut. Sikap warga tersebut membuat mediasi yang dilakukan Satpol PP dengan mempertemukan warga dan pemilik tower menemui jalan buntu alias “deadlock”.



Mediasi tersebut dilakukan Satpol PP karena sebelumnya warga Kauman menggelar aksi demo dan menyatakan menolak perpanjangan izin tower telekomunikasi tersebut beberapa waktu lalu. Dalam mediasi tersebut, selain mendatangkan pemilik tower dalam hal ini Indosat, Satpol PP juga mengundang instansi terkait untuk mencari solusi masalah tersebut.

Lurah Ngadirejo Tri Wahyudi menyatakan, pemilik lahan pada prinsipnya tidak akan memperpanjang kontrak lahan dengan pihak Indosat jika warga radius rebahan menolak perpanjangan. Untuk itu, dia berharap dengan pertemuan yang difasilitasi Satpol PP tersebut dapat diraih kesepakatan antara keduabelah pihak.

Namun, harapan Lurah Ngadirejo tersebut tidak tercapai. Pasalnya, dalam pertemuan itu salah satu perwakilan warga Winarno menegaskan warga menolak perpanjangan izin operasional tower Indosat di Dukuh Kauman. Bahkan, warga ingin meminta kepastian kapan tower tersebut dibongkar. Menurutnya, selama ini warga di sekitar tower sudah mengalami dampak psikis dengan berdirinya tower tersebut.

“Warga tetap menolak perpanjangan izin tower dengan alasan apapun,” tegasnya.

Sedangkan perwakilan Indosat Hendra dalam pertemuan itu meminta agar tower yang di Kauman, Ngadirejo bisa di perpanjang kurang lebih lima hingga sepuluh tahun lagi. Dia berharap masalah yang ada bisa dibicarakan dengan catatan warga tidak asal “pokok”nya.

Kabid Penegak Perda Satpol PP Sukoharjo Sunarto dalam pertemuan tersebut bisa tercapai kesepakatan antara warga dengan Indosar. Namun, warga sendiri tidak mau menerima saran maupan masukan sehingga pertemuan tersebut tidak membuahkan hasil. “Warga bersikukuh menolak perpanjangan tower sehingga tidak ada kesepakatan,” ujarnya. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed