Tugu Adipura Proliman Dirobohkan Diganti Baru

Tugu Adipura di Proliman Sukoharjo sudah dirobohkan. Pemkab akan membangun Tugu Adipura yang baru menyusul penghargaan Adipura tahun 2016 dan 2017.

Sukoharjonews.com – Pemkab Sukoharjo akhirnya merobohkan Tugu Adipura di Proliman. Saat ini, tugu lama sudah dirobohkan dan dimulai proyek pembangunan Tugu Adipura yang baru. Pembangunan Tugu Adipura juga direncanakan di simpang empat The Park Solo Baru.

“Jadi, Tugu Adipura diganti yang baru. Tetap Tugu Adipura karena hanya diganti dengan yang baru,” jelas Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH, Senin (9/10).

Penggantian tugu di proliman dan pembangunan tugu serupa di Solo Baru dilandasi keberhasilan Pemkab Sukoharjo meraih penghargaan Adipura dua tahun berturut-turut, tahun 2016 dan 2017. Pembangunan Tugu Adipura baru tersebut dilakukan Pemkab sebagai bentuk kebanggaan atas prestasi yang diraih. Terlebih lagi, jarak penghargaan tersebut diterima dengan penghargaan sebelumnya cukup jauh, yakni belasan tahun.

Wardoyo menilai, pencapaian tersebut cukup membanggakan sehingga harus dipertahankan. Untuk itu, dibutuhkan dukungan semua elemen masyarakat. Hal itu terkait dengan menjaga lingkungan bersih dengan membuang sampah pada tempatnya. Masalah sampah harus menjadi perhatian karena selama ini sampah sering menjadi kendala.

“Pembangunan dua tugu ini dianggarkan sekitar Rp800 juta dan sudah dimulai untuk yang proliman. Untuk yang Solo Baru segera menyusul. Proyek ditangani Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman,” ujarnya.

Program Penghargaan Adipura sendiri bertujuan untuk mewujudkan kota yang bersih, teduh, sehat dan berkelanjutan dengan menerapkan prinsip tata kepemerintahan yang baik (good governance). Kabupaten Sukoharjo sendiri sebelum menerima penghargaan tahun 2016 lalu, kali terakhir mendapatkannya tahun 1991. Sehingga, Pemkab harus menanti belasan tahun untuk bisa meraihnya kembali. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.