Ragam  

TMMD Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 Sukoharjo Dimulai, Dilaksanakan di Desa Tawang

Secara simbolis pelaksanaan TMMD Sengkuyung 1 tahun 2022 dimulai oleh Bupati Sukoharjo, Etik Suryani bersama Dandim, Kapolres, dan pejabat Forkopimda lainnya, Rabu (11/5/2022).

Sukoharjonews.com (Bendosari) – Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap I Tahun 2022 Sukoharjo kembali bergulir. Pembukaan TMMD sendiri dilakukan secara terbatas dengan penandatanganan berita acara di loby ruang bupati, Rabu (11/5/2022). Penandatanganan dilakukan oleh Dandim 0726 Sukoharjo, Letkol Inf Agus Adhy Darmawan bersama Bupati, Etik Suryani, disaksikan pejabat Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda).


Dandim menyampaikan, TMMD Sengkuyung Tahap 1 2022 dilaksanakan di Desa Tawang, Kecamatan Weru. Menurutnya, ada sejumlah program fisik yang akan dikerjakan selain program non fisik. Sasaran program fisik masing-masing pembangunan betonisasi jalan barat Lapangan Tawang sepanjang 435 meter. Kemudian, pembuatan talud jalan timur Sidorejo dengan panjang 650 meter.

Selain itu, juga pembangunan betonisasi jalan di Dukuh Senden RT 02/05 sepanjgn 110 meter, rehab masjid Anugrah Dukuh Senden satu unit, rehab bangsal cungkup Prengguk RT 01/04 Dukuh Prengguk satu unit, rehab Poskamming satu unit, serta rehab MCK tiga unit.

“Selain sasaran fisik, selama kegiatan TMMD juga ada sasaran non fisik,” ujar Dandim

Untuk sasaran non fisik antara lain berupa penyuluhan-penyuluhan seperti Penyuluhan Wawasan Kebangsaan dan Bela Negara, Penyuluhan hukum dan Kamtibmas, serta penyuluhan kesehatan dan stunting, penyuluhan KB kes, penyuluhan pertanian, serta vaksinasi corona.

Untuk anggaran TMMD Sengkuyung I tahun 2022 ssendiri berasal dari APBD Provinsi Jateng Rp251 juta dan APBD Sukoharjo Rp500 jutam dan swadaya masyarakat Rp10 juta sehingga totalnya Rp761 juta,.

Dandim menambahkan, tujuan TMMD sendiri adalah membantu Pemkab Sukoharjo dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui kegiatan bersifat sasaran fisik maupun sasaran non fisik guna memantapkan Kemanunggalan TNI Rakyat (KTR) dalam rangka menyiapkan ruang, alat, dan kondisi juang yang tangguh.

Sedangkan Bupati Sukoharjo, Etik Suryani, menyampaikan, TMMD adalah salah suatu program terpadu antara TNI dan pemerintah daerah yang bertujuan untuk mempercepat pelaksanaan pembangunan di daerah. Dengan harapan, kesejahteraan masyarakat di daerah juga meningkat. Selain sasaran pokoknya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, TMMD juga bertujuan sebagai upaya mempererat kemanunggalan TNI dengan rakyat. (erlano putra)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *