Teka-teki Pengganti Menteri PAN-RB, Mahfud MD Sebut Jokowi Sudah Punya Pengganti

Menkopulhukam, Mahfud MD. (Foto: Dok Kemenkopolhukam)

Sukoharjonews.com (Jakarta) – Posisi Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PAN-RB) Tjahjo Kumolo meninggal dunia beberapa waktu lalu. Teka-teki pun muncul siapa kandidat yang akan menggantikan almarhum sebagai MenPAN-RB.


Terkait hal itu, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam), Mahfud MD mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah mengantongi nama yang akan mengisi jabatan menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) tersebut.

“Pak Jokowi pasti sudah tahu dan sudah ada di kantong beliau. Mungkin hanya menunggu lewatnya waktu belasungkawa,” kata Mahfud saat dikonfirmasi wartawan di Jakarta, dikutip dari Antara, Senin (4/7/2022).

Saat ini, Mahfud MD sendiri menjabat sebagai MenPAN-RB ad interim. Mahfud berpendapat bahwa Jokowi memiliki perangkat penilaian lengkap untuk memilih figur yang tepat sebagai seorang menteri.

“Saya yakin bahwa Presiden mempunyai perangkat penilaian yang lengkap untuk memilih orang yang tepat menjadi menteri untuk diangkat, berdasarkan hak prerogatif presiden,” tambahnya.

Mahfud juga mengatakan dirinya tidak memiliki preferensi penilaian apa pun dan siapa pun untuk menjadi pengganti Tjahjo Kumolo sebagai MenPAN-RB.

Sejak Tjahjo Kumolo sakit dan menjalani perawatan intensif di rumah sakit, Jokowi menunjuk Mahfud sebagai MenPAN-RB ad interim.

Beredar informasi jika pengganti Tjahjo Kumolo berasal dari PDI Perjuangan (PDIP). Hal itu merujuk Tjahjo Kumolo merupakan kader PDIP. Namun, siapa sosok kader PDIP yang akan menggantikan masih gelap meski sejumlah nama sudah banyak disebut. Seperti Mensos Tri Rismaharani hingga Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (nano)


How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 1

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *