Target Tanam Padi di Sukoharjo Tiga Kali Lebih Besar dari Luas Lahan

Panan Padi di Wilayah Sukoharjo Kota

Sukoharjonews.com – Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo dibebani target tanam padi seluas 64.190 hektare tahun 2016/2017. Padahal lahan tanam padi di Kota Makmur ini hanya seluas 20.617 Hektare. Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Sukoharjo, Netty Harjianti mengatakan, target tanam memang jauh lebih besar dari luas lahan yang ada.

Karena target tanam tersebut dengan asumsi tiga kali Musim Tanam (MT). Menurutnya, hingga September target tanam tersebut sudah tercapai 54.138 hektare atau 84 persen. “Kami optimis target tanam padi ini bisa tercapai 100 persen. Masih ada waktu tiga bulan, Oktober, November dan Desember,” kata Netty, Selasa (17/10).

Netty menambahkan, saat ini banyak sawah yang sudah memasuki masa panen. Dengan demikian, setelah panen raya pata petani bisa langsung bersiap-siap tanam lagi. Sementara itu target produksi padi tahun 2017 sebanyak 398.106 ton Gabah Kering Giling (GKG) dengan 62,02 ku/ha (kuintal/hektar) gabah kering giling.

Menurutnya, hingga  September lalu sudah terealisasi produksi sebesar 304.648 ton GKG dengan produktivitas 72,48 Ku/Ha GKG. “Kami juga optimis target produksi padi juga tercapai karena sebentar lagi ada panen raya,” lanjutnya.

Masih menurut Netty, dalam beberapa tahun terakhir target pemerintah untuk pertanian di Sukoharjo selalu terpenuhi. “Program percepatan tanam padi terus kami genjot. Apalagi sekarang banyak bantuan alat pertanian modern dari pemerintah. Mesin-mesin ini kita maksimalkan agar tidak ada lahan menganggur,” pungkasnya. (sofarudin)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *