Sukoharjo Masuk Tiga Besar Lomba PHBS Provinsi

Ketua Tim Penilai Jateng Rita Utrayani saat memberikan sambutan di Balai Desa Gedangan, Grogol saat melakukan penilaian evaluasi pelaksanaan PHBS, Jumat (22/9).

Sukoharjonews.com – Kabupaten Sukoharjo masuk nominasi tiga besar penilaian evaluasi pelaksanaan terbaik PHBS dalam rangka kesatuan gerak PKK kesehatan Jateng. Sukoharjo sendiri diwaliki oleh Desa Gedangan, Kecamatan Grogol. Penilaian sendiri dilakukan oleh tim dari provinsi pada Jumat (22/9) tadi.

“Tentu sangat membanggakan bisa menjadi tiga besar se-Jateng. Kami berharap bisa menjadi yang terbaik sehingga mewakili Provinsi Jateng maju ke tingkat nasional,” ujar Ketua TP PKK Kabupaten Sukoharjo Etik Suryani.

Selama ini, ujar Etik, Kabupaten Sukoharjo sudah melakukan berbagai upaya termasuk sosialisasi untuk berperilaku hidup sehat dan bersih. Bahkan, melalui berbagai sarana selalu melakukan gerakan cuci tangan dengan sabun. Desa Gedangan mewakili Sukoharjo karena menang dalam lomba tingkat kabupaten.

Dalam rangka menanamkan PHBS tersebut pada masyarakat, TP PKK melibatkan semua elemen masyarakat dengan didukung oleh Pemkab Sukoharjo yang memberikan dukungan dana. Elemen yang dilibatkan mulai dari kader Posyandu, pemuda siaga sehat, kader pemantau jentik, dan lainnya. Semua itu dilakukan untuk mewujudkan PHBS di Kabupaten Sukoharjo.

Sedangkan Ketua Tim Penilai Provinsi Jateng Rita Utrayani menyampaikan, Sukoharjo masuk nominasi tiga besar bersama Kabupaten Pemalang dan Pati. Dari tiga kabupaten tersebut akan dipilih satu kabupaten sebagai pemenang dan mewakili Jateng maju ke lomba serupa tingkat nasional.

“Tim penilai provinsi sudah menerima laporan pelaksanaan PHBS di Kabupaten Sukoharjo dan sudah kami teliti secara administrasi,” ujarnya.

Untuk itu, kedatangan tim penilai ke Sukoharjo untuk melihat secara langsung apakah laporan yang disampaikan benar atau tidak. Dia juga mengatakan, evaluasi pelaksanaan PHBS sendiri dalam rangka meningkatkan kesadaran, kemauan serta kemampuan mayarakat meningkatkan kualitas hidup sehat.

Dalam kesempatan tersebut, tim penilai juga didampingi secara langsung oleh Bupati Sukoharjo H wardoyo Wijaya SH MH, Wakil Bupati Purwadi SE MM, serta Sekda Drs Agus Santosa. Bahkan, Bupati dan rombongan pejabat juga ikut ke Desa Gedangan bersama tim penilai. (erlano putra)

 

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed