Sukoharjo Komitmen Laksanakan PAUD Satu Tahun Pra SD

Bupati Sukoharjo H Wardoyo Wijaya SH MH membubuhkan tanda tangan komitmen bersama melaksanakan program wajib PAUD satu tahun pra SD di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab, Rabu (15/11).

Sukoharjonews.com – Pemkab Sukoharjo berkomitmen melaksanakan program wajib PAUD satu tahun pra SD. Komitmen bersama tersebut ditandai dengan penandatanganan komitmen bersama oleh Bupati Sukoharjo H wardoyo Wijaya SH MH dan seluruh camat yang ada. Penandatanganan komitmen dilakukan di Pendopo Graha Satya Praja Pemkab, Rabu (15/11).

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sukoharjo Darno menyampaikan, pentingnya pendidikan anak usia dini sebelum masuk SD. PAUD dapat mempersiapkan nak usia 0-6 tahun tahun sebelum mengenyam pendidikan di tingkat SD. Dengan program wajib PAUD satu tahun pra SD diharapkan dapat meningkatkan angka partisipasi kasar PAUD di Sukoharjo.

“Pencananganan wajib PAUD pra SD ini sekaligus dilaksanakan acara Gebyar PAUD untuk Kelompok Bermain dan Taman Kanak Kanak,” ujar Darno.

Sedangkan Kepala PP PAUD dan Dikmas Jateng Jayeng Baskoro mengatakan, sektor pendidikan agar menyiapkan sedini mungkin layanan PAUD berkualitas. Salah satu bentuk implementasinya adalah mewajibkan pemerintah daerah menyelenggarakan satu tahun pra SD. Masyarakat bisa memilih memasukkan anaknya di KB atau TK karena semua program sudah tersedia. Kelompok

Jayeng menjamin PAUD yang ada berkualitas. Menurutnya, ketika bicara PAUD bukan pada anak saja. Sebab PAUD tidak mungkin sendiri karena ada beberapa elemen yang terkait. Seperti elemen SDM guru, pengelola dan orang tua. Selain itu, peran pemerintah juga dibutuhkan agar program wajib PAUD satu tahun pra SD.

Sementara itu, Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya menyatakan komitmennya untuk melaksanakan program tersebut. Hal itu diwujudkan dengan melakukan penandatanganan bersama seluruh camat di Sukoharjo. Usai penandatanganan tersebut, Bupati berharap tidak berhenti di situ saja. Pasalnya, tanda tangan tersebut mengandung makna tantangan ke depan untuk melaksanakan program tersebut.

“Usia 0-6 tahun merupakan masa perkembangan otak anak. Untuk itu harus diisi dengan pendidikan yang baik. Usia emas perkembangan anak sehingga harus dididik dengan benar,” ujarnya.

Selama ini, ujar Bupati, Pemkab Sukoharjo sudah memberikan kepedulian yang baik pada pendidik PAUD. Antara lain dengan memberikan bantuan tambahan penghasilan antara Rp150 ribu hingga Rp300 ribu. Selain itu, Pemkab juga memberikan bantuan seragam pada sekitar 2.800 guru PAUD.

“Monggo Pak Camat didukung bareng-bareng program wajib PAUD satu tahun pra SD,” ujar Bupati mengingatkan. (erlano putra)

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.