Sukoharjo Kembali Raih Opini WTP dari BPK, Ketiga Berturut-Turut

Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya saat menerma Opini WTP dari BPK Perwakilan Jateng di Semarang, Senin (29/5).

Sukoharjonews.com (Sukoharjo) -Pemkab Sukoharjo kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terkait Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) Tahun Anggaran 2017 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Penyerahan opini WTP tersebut dilakukan di Kantor BPK di Perwakilan Jawa Tengah (Jateng) di Semarang, Senin (28/5) sore. Opini WTP tersebut diterima langsung oleh Bupati Sukoharjo Wardoyo Wijaya didampingi Ketua DPRD Nurjayanto.



“Opini WTP yang diterima tahun ini merupakan penilaian LKPD tahun 2017. Sukoharjo sudah tiga kali ini mendapatkan opini WTP dari BPK,” ujar Inspektur Sukoharjo Djoko Poernomo, Selasa (29/5).

Dikatakan Ipoeng-sapaan akrab Djoko Purnomo, opini WTP kali pertama diterima untuk LKPD 2015, dilanjutkan pada LKPD 2016, dan LKPD 2017 ini. Adapun kriteria dalam penilaian WTP ini yakni dari sisi keuangan laporan akutansinya, sesuai Standar Akuntansi Pemerintah (SAT) atau tidak. Selain itu, sistem pengendalian intern, dan kepatuhan aturan perundangan.

“Jadi yang dinilai itu penyajian laporan keuangan selama satu tahun. Syukurlah Sukoharjo kembali meraih opini WTP,” ujar Ipoeng.

Selama ini, ujar Ipoeng, ada dua tahap pemeriksaan dari BPK. Pemeriksaan pendahuluan dilakukan BPK pada bulan Februari – Maret. Sementara pemeriksaan terperinci dilakukan April – Mei. Dia mengatakan, dalam meraih opini WTP ini tidak luput dari kerja keras semua pihak. Ispektorat bekerjasama dengan OPD lainnya untuk mendapatkan Opini WTP tersebut.

Menurutnya, catatan yang diterima dari BPK agar segera ditindaklanjuti agar opini WTP kembali bisa diraih tahun depan dan tahun-tahun selajutnya. Dengan prestasi tersebut, Ipoeng memgaku harus dijadikan motivasi untuk mempertahankannya di tahun-tahun mendatang. Dalam penerimaan opini WTP tersebut, ikut mendampingi Bupati adalah Sekretaris Daerah, Kepala Badan Keuangan Daerah dan Sekretaris DPRD. (erlano putra)



How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 0 / 5. Vote count: 0

No votes so far! Be the first to rate this post.

Facebook Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *